Gerhana Matahari Cincin 26 Desember, Planetarium Jakarta Ramai

0

Beepdo.com, Jakarta Gerhana matahari cincin 26 Desember telah berhasil menarik ratusan masyarakat dari Jakarta dan sekitarnya untuk beramai-ramai datang ke Planetarium Jakarta. Setidaknya pantauan Beepdo.com terlihat ratusan masyarakat sudah mulai memenuhi halaman Planetarium Jakarta untuk menyaksikan fenomena alam yang langka tersebut.

Tentunya banyak masyarakat yang penasaran dengan penampakan gerhana matahari cincin yang baru akan terjadi lagi pada tahun 2023 tersebut. Dan untuk melihat fenomena alam yang langka tersebut, pihak Planetarium Jakarta setidaknya telah menyediakan 12 teleskop untuk dapat digunakan oleh masyarakat.

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember. (Beepdo.com/Tedy Kurniawan)

 

Teleskop tersebut diletakan di kawasan Hall Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat. Teleskop tersebut dapat membantu masyarakat untuk melihat dengan jelas dan supaya masyarakat juga tak melihat gerhana matahari cincin dengan mata telanjang. Tentu saja kalau menggunakan teleskop harus antre karena harus bergantian dengan orang lain yang penasaran juga.

Tapi, tak hanya teleskop pengunjung Planetarium Jakarta juga disediakan kacamata khusus ND5 yang dapat menyaring 100 ribu cahaya matahari. Beruntungnya karena kacamata tersebut diberikan secara gratis oleh pihak Planetarium. Sebenarnya gerhana matahari cincin hanya dapat dilihat dari sebagain wilayah Indonesia saja.

Pengunjung Planetarium Jakarta sedang melihat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember. (Beepdo.com/Tedy Kurniawan)

 

Beberapa wilayah di Indonesia yang dapat melihat gerhana matahari cincin, yakni Sumatera dan Kalimantan. Kalau wilayah lainnya, seperti Bandung dan Jakarta misalnya, hanya dapat melihat gerhana matahari parsial saja. Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana matahari di Jakarta terlihat sekitar 70 persen. Fenomena gerhana matahari cincin 26 Desember dapat dilihat sampai sekitar pukul 12.36 WIB.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers