Museum Tsunami Aceh, Sarana Edukasi dan Pengingat yang Wajib Kamu Datengin

0

Beepdo.com, Jakarta Tsunami Aceh yang terjadi pada 2004 lalu tentu menjadi salah satu peristiwa yang tidak akan pernah dilupakan oleh masyarakat Indonesia, terutama keluarga para korban tsunami. Namun, tentunya peristiwa tersebut memang tidak boleh dilupakan begitu saja, banyak pelajaran yang harus diambil.

Untuk itulah Museum Tsunami Aceh dibangun. Museum tsunami Aceh mulai dibangun pada 2007 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada 27 Februari 2009. Tiga bulan kemudian, museum resmi dibuka untuk umum pada 8 Mei 2009. Museum yang merupakan rancangan Ridwan Kamil tersebut dibangun sebagai sarana edukasi, pengingat, serta tempat perlindungan jika tsunami datang lagi.

 

Kamu yang berencana untuk menghabiskan liburan akhir tahun di Aceh, maka jangan lupa untuk mengunjungi Museum Tsunami Aceh. Museum tersebut sendiri menyuguhkan gambaran dan suasana mencekam saat detik-detik gelombang tsunami menghantam Ibu Kota Provinsi Aceh. Di setiap lantainya kamu akan melihat foto-foto keadaan Banda Aceh pasca tsunami, serta ada pula puing-puing tsunami.

Dan belum lama ini atau tepatnya pada 2018 lalu, Museum Tsunami Aceh mendapatkan penghargaan sebagai museum terpopuler di Indonesia dalam ajang Indonesia Museum Award 2018. Museum Tsunami Aceh berhasil mengalahkan ratusan museum lainnya. Jadi, nggak salah kalau kamu harus datang ke sini, kan?

 

Museum Tsunami Aceh yang megah ini dalam pembuatannya menghabiskan dana sebesar Rp140 miliar. Museum Tsunami Aceh sendiri dibangun oleh BRR Nad-NIAS setelah perlombaan desain yang dimenangkan oleh M Ridwan Kamil, dosen ITB yang juga berhak mendapatkan dana Rp100 juta.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers