Cafe Code: Maia Estianty Dikerjain Oknum Ojol Nakal, Seperti Apa Menyikapinya?

0

Beepdo.com- Hati-hati belanja melalui media online, kemudahan yang tercipta saat berbelanja makanan misalnya, ternyata ada cela yang bisa dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Itulah yang dialami oleh Maia Estianty belum lama ini. Kalau sudah seperti ini bagaimana menyikapinya? Cafe Code kali ini akan membahas penipuan yang dilakukan oknum ojol dan seperti apa menghadapinya. Mari kita simak penjelasan dari praktisi hukum Dinan Ferdian berikut ini.

“Kita ikut prihatin dengan kejadian yang menimpa Maia Estianty yang diduga ditipu oleh oknum salah satu ojek online. Akibatnya ia dirugikan dengan ulah oknum ojek nakal itu. Apa yang dilakukan itu adalah melanggar UU ITE dan KUHP. khususnya pasal 378 mengenai penggelapan dan penipuan. Yang dilakukan onnum ituamat merugikan. Karena dia juga menyadap data-data pribadi yang dimiliki oleh Maia,” katanya.

Dinan Ferdian. (beepdo.com/AK)

Atas apa yang terjadi, lanjut Dinan, bisa dimintakan pertanggungjawab secara hukum. Karena dia sudah merugikan. “Harus ada trigger dari penegak hukum untuk mencari dan menuntaskan persoalan ini. Siapa sebenarnya yang harus bertanggungjawab, oknum ini atau juga pihak operator ojol yang bersangkutan. Agar hal seperti ini tidak terjadi lagi di masa yang akan datang,” tandasnya.

Maia, menurut Dinan, harus melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwajib. Dia harus menceritakan apa saja dan berapa besar kerugian yang dialaminya. Sehingga polisi dapat melakukan penyelidikan pada kasus ini,” lanjutnya.

Dinan Ferdian. (beepdo.com/AK)

Pihak penyelenggara atau pemilik aplikasi ojol, dia akan mensuspens pelaku ojol nakal. Dari persoalan ini mereka bisa melajar dan memberbaiki kinernya. “Sekecil apa pun kerugian korban harus direspon oleh penegak hukum. Dan pihak penyelenggara layanan juga bisa memperbaiki diri,” katanya.

Dari persoalan ini, lanjut Dinan Perdian bisa diambil pelajaran, kalau selaku korban jangan malu untuk melaporkan kejadian yang dialaminya kepada polisi. Oknum ojol nakal bisa diminimalisir kalau kejaidannya dilaporkan ke polisi. Pihak penyelenggara layanan juga bisa melakukan perbaikan. “Kejadian yang menimpa Maia Estianty tidak terulang pada pada orang lain,” ujarnya kepada tim Cafe Code.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers