Cafe Code: Ini Kiat Menagih Utang Agar Tak Digugat Balik

0

Beepdo.com- Sebuah kejadian unik terjadi di Medan, Sumatera Utara belum lama ini. Seorang ibu yang menagih utang lewat media sosial Instagram justru dilaporkan dengan dugaan pencemaran nama baik oleh orang yang berutang. Agar kejadian seperti ini tak terjadi, praktisi hukum Jonri Simanjuntak akan menjelaskan kiat menagih utang yang aman di Cafe Code kali ini.

“Ada cara yang bisa dilakukan saat hendak menagih utang. Caranya dengan melakukan prosedur hukum. Pertama yang bisa dilakukan dengan somasi pertama. Kalau tidak diindahkan bikin somasi kedua. Kalau somasi yang kedua ini tidak diindahkan juga bisa melayangkan gugatan pidana dan perdata,” ujarnya Jonri Simanjuntak kepada Beepdo.com akhir pekan lalu di sebuah Cafe di Bilangan, Jakarta Selatan.

Jonri Simanjuntak dan Edy Suherli. (Beepdo.com)

Jadi, tegas Jonri menagih utang mustinya melalui norma hukum yang berlaku di negara ini. “Jangan menagih utang melalui media sosial. Karena media sosial fungsinya bukan untuk itu. Gunakanlah norma hukum yang ada untuk menagih utang,” katanya.

Ia menambahkan utang-piutang harus tercatat dengan rinci. Berapa jumlahnya, apakah ada jaminannya dan lain sebagainya. Soalnya hal itu akan menjadi landasan. “Ingat tidak bisa menerapkan bunga dalam utang piutang, yang bisa menetapkan bunga adalah Bank Indonesia sebagai bank sentral,” lanjutannya.

Jonri Simanjuntak. (Beepdo.com)

Menagih utang juga tidak bisa diwakilkan kepada orang lain yang tidak punya hubungan. “Yang bisa menagih itu ya orang yang memberikan utang atau kuasa hukumnya. Tidak bisa menagih utang melalui jasa debt colector,” katanya.

Jonri Simanjuntak mengingatkan untuk berhati-hati saat memberikan pinjaman atau utang kepada orang lain. “Pelajaran yang bisa diambil dari perkara ini adalah jangan sembarang menggunakan media sosial. Medsos seperti Instagram, Facebook dan sebagainya, bukan untuk menagih utang. Menagih utang yang aman melalui mekanisme hukum yang berlaku di negara ini,” katanya menyudahi penampilannya di Cafe Code kali ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers