Ini Penyebab dan Gejala Virus Corona

0

Beepdo.com, Jakarta Apa itu virus corona serta apa penyebab dan bagaimana gejala virus corona kini menjadi pembahasan paling disoroti oleh masyarakat di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Tentu saja hal tersebut bukanlah tanpa sebab. Seperti yang kamu mungkin sudah ketahui bahwa saat ini ratusan orang di China tengah dalam perawatan akibat terjangkit virus corona.

Dilansir dari CNBC, Minggu (26/1/2019), pemerintah China menjelaskan virus corona mulai mewabah di Wuhan, China pada Desember lalu. Kemungkinan besar virus tersebut berasal dari hewan liar yang memang biasa dijual di Pasar Makanan Laut Huana (Huanan Seafood Market) yang berada di pusat kota Wuhan.

Menurut peneliti, virus corona adalah virus yang sering menginfeksi hewan. Namun lambat laun virus tersebut juga bisa berevolusi dan menyebar ke manusia. Virus ini juga disebut sangat mirip dengan virus SARS yang beberapa tahun lalu sempat menyebar di seluruh dunia. Dilansir dari The Guardian, komisi kesehatan nasional China menyatakan virus corona dapat menular dari manusia ke manusia lainnya.

Apa Itu Virus Corona? Temukan Jawabannya di Sini. (Foto: elemental.medium.com)

 

Pihak China sendiri telah menjelaskan bahwa ada 830 kasus virus corona dan setidaknya 26 orang telah dinyatakan meninggal dunia akibat virus tersebut. Sementara itu, gejala klinis yang adapat dikenal dari virus 2019-nCov ini antara lain, batuk, gangguan pernapasan, demam, sakit tenggorokan, lesu dan letih.

Lalu bagaimanakah cara mencegah virus corona? Cara mudahnya adalah sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun, gunakan masker jika batuk atau pilek, rajin berolahraga, istirahat cukup, konsumsi gizi seimbang, perbanyak makan buah dan sayuran, hati-hati kontak dengan hewan dan jika mengalami pilek, batuk dan sesak napas segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
705kSubscribers
90.2kFollowers