Cafe Code: Sudah Tahu Belum Apa itu Isbath Nikah yang Diajukan Nikita Mirzani?

0

Beepdo.com- Apa itu Isbath Nikah? Persoalan ini mencuat saat Nikita Mirzani berseteru dengan Dipo Latief. Saat kedua akan memutuskan hubungan beberapa waktu yang lalu, Nikita mengajukan isbath nikah. Sebuah permohonan yang ia ajukan agar pernikahan yang pernah terjadi antara dirinya dengan Dipo Latief yang belum sempat dicatat oleh negara atau dicatatkan secara resmi. Apa yang dimaksud isbath nikah dan apa saja syarat-syarat mengajukan isbath nikah? Biar jelas persoalan ini akan diurai oleh Dr. Fahmi H. Bachmid, SH., M.Hum.,  pada Cafe Code kali ini.

Setelah Nikita Mirzani mengajukan isbath nikah, diikuti oleh yang lain. Entah terinspirasi secara langsung maupun tidak langsung, mereka juga mengajukan isbath nikah. “Apa yang dilakukan Nikita melalui kantor hukum saya ternyata menjadi inspirasi bagi yang lain. Tapi tidak sembarang orang bisa mengajukan isbath nikah. Itu yang harus diperhatikan,” kata Fahmi Bachmid.

Dr. Fachmi Bachmid, SH., M.Hum dan Edy Suherli. (Beepdo.com)

Menurut Fahmi isbath nikah terjadi ketika seseorang yang menikah karena sesuatu dan lain hal tidak sempat mencatatkan atau dicatat oleh petugas negara. Isbat nikah terjadi karena adanya perceraian. “Saat pernikahan mereka sudah tidak bisa dilanjutkan atau akan adanay perceraian, perlu kejelasan atas status anak dari pernikahan mereka. Atas dasar inilah kemudian bisa dtetapkan seorang anak akan menjadi ahli waris yang sah pula. Karena itulah dibutuhkan pencatatan agar status anak dari pernikahan tersebut sah di mata hukum negara,” katanya.

Untuk melakukan isbath nikah petugas pencatat akan mengecek persyaratan yang ada. “Persyaratannya tidak beda dengan syarat pernikahan pada umumnya. Yang pertama adalah pernikahan itu sah berdasarkan UU No 1 tahun 1974. Kalau syarat sahnya pernikahan itu terpenuhi dia bisa mengajukan isbath nikah di wilayah hukum dia berdomisili,” jelasnya.

Dr. Fachmi Bachmid, SH., M.Hum. (Beepdo.com)

Setelah isbath nikah dikabulkan oleh Pengadilan Agama, hasilnya lanjut Fachmi Bachmid bisa berlaku surut. “Misalnya pengesahan isbaht nikah dilakukan saat ini, penetapan ini bisa berlaku mundur saat pernikahan itu terjadi apakah setahun dua tahun atau berapa tahun ke belakang,” jelasnya. Inilah yang terjadi pada Nikita Mirzani dan siapa pun yang mengajukan isbath nikah.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.8kFans
345Followers
708kSubscribers
90.2kFollowers