Beepdo.com-Sempat kuliah di bidang keperawatan Ilux Id melakoni profesinya sebagai perawat di sebuah rumah sakit di Banyuwangi Jawa Timur. Namun desakan untuk keluar dari zona nyaman menjadi seorang musisi begitu menggelora. Jangan tanya soal halangan dan rintangan, banyak sekali yang harus ia lewati. Namun pelan-pelan ia membuktikan keraguan orang-orang kepada dirinya lewat sekian banyak tembang berbahasa Jawa yang ia lantunkan. Salah satunya yang paling meledak adalah Mundur Alon-alon yang sudah ditonton lebih dari 92 juta kali lebih di kanal Youtube miliknya. Dialah sosok Didi Kempot

dalam kemasan millenial.

“Aku dari Banyuwangi, sebelum serius menjadi musisi aku adalah seorang perawat di Rumah Sakit bakti Husada di Krikilan Grenmore Banyuwangi, Jawa Timur. Aku sempat kerja sebagai perawat selama setahun setengah. Karena merasa engga cocok di hati akhirnya aku mengikuti kata hati menjadi seorang musisi,” katanya kepada Abdul Kadir dari Beepdo.com saat menemuinya di Bandung, Jawa Barat, Senin (27/1/2020).

Ilux Id. (Beepdo.com/AK)

Diakui pria berkacamata ini, ia merasa tidak cocok dengan pola kerja sebagai perawat yang sudah terjadwal waktu bekerjanya. Dia lebih pas berkarya sebagai seorang seniman dan musisi. “Saya lebih suka pada pola kerja yang sesuai kata hati. Santai kapan harus berkarya dan kapan harus istirahat. Tidak terpaku pada jam kerja yang sudah rutin,” urainya.

Akhirnya dia memutuskan diri untuk keluar sebagai perawat dan serius menekuni profesi sebagai musisi. “Sejak SMP saya sudah mulai suka musik. Saat itu dibelikan gitar oleh ayah. Terus ngeband sampai kuliah,” katanya. Meski begitu ia tetap menyelesaikan pendidikan di bidang keperawatannya. Soalnya ada ancaman dari orang tua kalau pendidikan tidak selesai akan tidak diizinkan bermusik.

Ilux Id. (Beepdo.com/AK)

Yang membuat Ilux Id percaya diri menjadi musisi saat lagu ciptaannya menjadi pemenang dalam sebuah kompetisi yang digelar oleh website games. Beberapa tembang milik Ilux kini banyak dinyanyikan dan dicover oleh penyanyi kondang seperti Via Vallen dan Nella Kharisma bahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo pun menjadikan tembang Mundur Alon-alon menjadi salah satu musik latar dalam unggahan media sosialnya. Tak heran kalau popularitasnya pun makin kencang. Kalau Didi Kempot hadir dalam kemasan tradisional, Ilux hadir dalam kemasan kekinian meski sama-sama melantunkan tembang berbahasa Jawa.