Cafe Code: Bolehkah Menceraikan Istri Lewat Media Sosial? Ini Penjelasan Fahmi Bachmid

0

Beepdo.com- Idealnya sebuah keluarga yang terbentuk memiliki tujuan sakinah mawadah warohmah, namun problem terkadang muncul tanpa diduga sebelumnya. Ketika problem yang muncul tak bisa diatasi, perceraian menjadi alternatif. Kemajuan teknologi komunikasi membuat orang memanfaatkan media sosial dan pesan singkat smartphone untuk menceraikan istrinya. Apakah hal ini dibenarkan? Simak ulasan praktisi hukum Dr. Fahmi Bachmid, SH., M.Hum., pada Edy Suherli untuk Cafe Code kali ini.

Persoalan menceraikan istri lewat media sosial atau pesan singkat smartphone, menurut Fahmi harus dilihat apakah perkawinan itu tercatat atau tidak secara negara. “Sebelum persoalan ini saya jawab, harus ditelusuri dulu pernikahan itu tercatat atau tidak secara negara. Soalnya implikasinya akan berbeda saat pernikahan itu tercatat atau tidak tercatat,” ujarnya.

Bachmid dan Edy Suherli. (Beepdo.com/AK)

“Ketika sebuah pernikahan punya catatan secara negara, apa pun yang diucapkan suami (men-talak istri) baru akan ada implikasi saat dilakukan di forum resmi, hal ini pengadilan agama atau pengadilan negeri yang berwenang memutuskan perkara perceraian,” katanya.

Hal ini berbeda jika pernikahan tidak tercatat. Hal itu sudah bisa jatuh talak seorang suami atas istrinya. Seperti halnya pernikahan, proses ijab kabul dilakukan secara lisan, dan itu sah menurut hukum agama Islam. “Jangan lupa meminta hitam di atas putih pada suami yang menjatuhkan talak agar bisa menjadi pegangan,” sarannya pada istri yang diceraikan.

Fahmi Bachmid. (Beepdo.com/AK)

Terlepas dari hal boleh tidaknya sebuah kata cerai diungkapkan lewat media sosial, ada etika yang harus menjadi pegangan bagi setiap suami. “Ketika Anda meminang seorang perempuan secara baik-baik pada orang tuanya atau walinya. Ketika terjadi perceraian juga harus dilakukan secara pijak dan santun. Pulangkan lagi kepada orang tuanya dengan cara terhormat,” demikian ulasan Fahmi Bachmid pada pemirsa Cafe Code kali ini.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers