8 Gaya Hidup Sehat untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

0

Beepdo.com, Jakarta Virus corona menjadi penyakit yang sangat  menaktkan bagi masyarakat di seluruh dunia. Tersebar di Wuhan, China, keberadaan virus corona telah membuat publik gempar. Bahkan pada 31 Januari 2020 lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan status darurat kesehatan publik atas kasus penyebaran virus corona.

Virus corona atau yang juga dikenal dengan nama 2019-nCoV bukan hanya dapat menyebabkan masalah pernapasan, tetapi juga kematian. Terbukti dari 362 orang yang dinyatakan meninggal dunia akibat virus corona. Tapi, kabar bahagia juga datang karena ada 475 pasien virus corona yang dinyatakan berhasil sembuh.

Korban selamat dari virus corona seperti sebuah angin segar yang memang menjadi hal paling dinantikan oleh masyarakat di seluruh dunia. Meskipun kini masyarakat dunia juga tengah menanti vaksin untuk menyembuhkan virus corona. Tapi, tetap saja tidak boleh panik dan lakukan pencegahan diri, yakni meningkatkan gaya hidup sehat seperti yang dianjurkan oleh Ikatan Dokter Indonesia di bawah ini.

Apa Itu Virus Corona? Ini Penyebab dan Gejala Virus Corona. (Webmd.com)

 

  1. Menjaga kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung, dan mata, serta setelah memegang instalasi publik. Caranya dengan mencuci tangan dengan sabun dan bilas dengan air mengalir setidaknya selama 20 detik. Jika tidak ada air bersih, dapat menggunakan sanitizer alkohol 70-80%.
  2. Menutup hidung dan mulut dengan tissue ketika bersin dan batuk.
  3. Gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas kesehatan ketika memiliki gejala saluran pernapasan.
  4. Perbanyak Istirahat, khususnya jika sedang sakit.
  5. Menjaga kesehatan dengan mengonsumsi buah dan sayur minimal tiga kali per hari dan makan makanan bergizi.
  6. Hindari menyentuh hewan atau unggas liar (Wild Animals).
  7. Jika merasa kesehatan tidak nyaman ketika berada di wilayah Outbreak, gunakan masker dan segera cari layanan kesehatan.
  8. Setelah kembali dari wilayah Outbreak, konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau gejala laun dan beritahu dokter riwayat perjalanan, serta selalu gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit.

Itulah gaya hidup sehat yang harus selalu kamu terapkan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
712kSubscribers
90.2kFollowers