Fakta-Fakta Film Parasite, Borong 4 Awards dan Ukir Sejarah di Oscar 2020

0

Beepdo.com – Selain Joker, film lain yang benar-benar meraih prestasi luar biasa adalah Parasite. Setelah pesta penghargaan di berbagai ajang penghargaan sebelumnya, film besutan Bong Joon Ho ini kembali bersinar di Oscar 2020. Total, ada empat penghargaan Academy Awards 2020 yang berhasil dibawa pulang.

Terlepas dari keberhasilannya sebagai pemenang Oscar, film berbahasa Korea ini juga menyimpan sejumlah sisi menarik. Bukan sekedar menang, film ini juga berhasil mengukir sejarah dan memecahkan rekor luar biasa. Apa saja fakta-fakta menarik di balik kemenangan film ini? Berikut ulasannya!

Formasi Lengkap di Oscar 2020

Artis-artis pendukung film Parasite (Esquire Middle East)

Bagi para pemain dan kru Parasite, Oscar 2020 rupanya menjadi momen penting yang menjadi ‘gong’ dari prestasi mereka. Pasalnya, kali ini mereka benar-benar hadir dalam formasi lengkap. Seolah ingin mengabadikan kebersamaan, mereka semua berfoto bersama dan berbagi keceriaan di atas red carpet.

Penghargaan yang Diterima di Oscar 2020

,

Sebagaimana diketahui, total ada empat penghargaan yang dibawa pulang oleh Parasite di ajang Oscar 2020. Penghargaan yang dimaksud adalah Best Picture, Best International Feature Film, Best Directing, dan Best Original Screenplay. Padahal, dalam nominasi-nominasi tersebut mereka harus bersaing ketat dengan berbagai film Hollywood kenamaan.

Film Berbahasa Asing Pertama yang Meraih Best Picture

Selama 92 tahun dalam sejarah Oscar, kategori Best Picture selalu dimenangkan oleh film-film Hollywood berbahasa Inggris. Walaupun banyak film berbahasa non-Inggris yang sempat masuk nominasi, namun kebanyakan gagal menjadi pemenang. Kini, rekor tersebut berhasil dipecahkan oleh Parasite yang menjadi film berbahasa non-Inggris pertama peraih Best Picture.

Sebelumnya, film berbahasa non-Inggris memang dianggap sulit meraih titel tersebut. Diungkapkan oleh banyak analis film, kebanyakan voter akan lebih banyak menominasikan film-film seperti ini dalam kategori Best International Feature Film. Tapi Parasite berhasil menembus kesulitan tersebut.

Berbagai Penghargaan yang Telah Diraih Sebelum Oscar 2020

Bahkan sejak film tersebut dirilis, sejumlah penghargaan telah berhasil diterima baik di dalam maupun di luar Korea. Selain empat kategori yang berhasil diraih dalam Academy Awards 2020, film ini telah memenangkan berbagai penghargaan di Golden Globe, SAG Awards, Bafta Awards, dan ajang prestisius lain di tahun 2019 dan 2020.

Berbeda dengan Golden Globe 2020 lalu, ada sejumlah kejutan yang muncul dalam daftar pemenang Academy Awards 2020. Salah satunya adalah Joker yang nyatanya gagal menjadi film yang paling bersinar di Oscar 2020. Walaupun Joaquin Phoenix berhasil meraih gelar Best Actor, namun Joker hanya mendapat dua penghargaan dari total nominasi. Penghargaan kebanyakan diraih Parasite yang hanya mendapat enam nominasi.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
712kSubscribers
90.2kFollowers