Cafe Code: Disarankan di Rumah Saja, Ini Landasan Aparat Dibenarkan Bertindak Tegas

0

Beepdo.com-Dari hari ke hari situasi Jakarta dan sekitarnya semakin mengkhawatirkan. Seruan untuk berdiam diri di rumah saja makin sering digaungkan oleh pejabat publik, artis, hingga influenser. Aparat keamanan juga mulai bertindak tegas kalau ada yang tetap berani berkumpul dan berkerumun. Mereka diminta untuk bubar dan tinggal di rumah saja dulu. Cafe Code kali ini akan membahas soal tindakan tegas aparat ini dari tinjauan hukum.

Kali ini kami bersama narasumber seorang praktisi hukum yang sehari-harinya berprofesi sebagai lawyer atau pengacara. Adalah Jaenudin,S.H., yang akan menguraikan persoalan ini. “Seperti yang semua ketahui kalau Negara kita sedang dilanda pandemi covid-19. Pemerintah daerah juga sudah mengeluarkan seruan agar masyarakat di rumah saja dulu untuk saat ini,” katanya.

Jaenudin, S.H., dan Edy Suherli dari Beepdo.com. (Beepdo.com/AK)

“Dalam situasi darurat dan keadaan mendesak, presiden bisa mengeluarkan apa yang namanya Perpu alias peraturan pengganti Undang-undang. Semua  aparat yang ada di bawahnya harus tunduk dan patuh pada arahan presiden termasuk aparat keamanan. Mereka bisa melakukan tindakan tegas untuk menertibkan kerumunan mencegah orang atau kelompok orang mengadakan keramaian,” jelasnya.

Keadaan sekarang ini dikatagorikan sebagai keadaan darurat. “Keadaan perang atau pandemi covid-19 sekarang ini, termasuk katagori itu keadaan darurat. Kalau presiden tidak segera mengambil tindakan tegas ini bisa berakibat buruk bagi kehidupan bangsa ini,” katanya.

Jaenudin, S.H., dan Edy Suherli dari Beepdo.com. (Beepdo.com/AK)

Kita, lanjut Jaenudin,S.H. harus meniru Negara lain yang bisa melokalisir sebaran Covid-19 ini. “Pemerintah DKI sudah menutup tempat hiburan, tempat wisata dan lain sebagainya. Keadaan ini memaksa perusahaan merumahkan karyawannya. Bagaimana selengkapnya kamu bisa tonton Cafe Code kali ini selengkapnya sembari di rumah saja tentunya.

 

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat