Dentuman Keras di Jabodetabek Bukan Dari Gunung Anak Krakatau! Begini Penjelasan PVMBG

0

Beepdo.com – Warga Jabodetabek dibuat heboh dengan dentuman bertubi-tubi yang menggetarkan kaca jendela pada Sabtu (11/4) dini hari. Fenomena ini bisa dilihat dari banyaknya postingan di media sosial yang mengaitkannya dengan letusan Gunung Anak Krakatau yang sudah terjadi sejak Jumat (10/4).

Tak hanya sekitar Jabodetabek, netizen yang berada di Bogor juga memposting dentuman dari bawah tanah yang membuat kaca rumah bergetar hebat. Sementara Gunung Anak Krakatau yang berada di Selat Sunda diketahui mengalami 2 kali erupsi, yakni pukul 21.58 WIB dan 22.35 WIB.

Terkait hal ini, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian ESDM lewat Kepala Bidang Gunung Api PVMBG, Hendra Gunawan, mengaku belum bisa memberikan kepastian asal suara dentuman yang terdengar warga di Jabodetabek seperti dijelaskan sebelumnya. Namun menurut Hendra suara dentuman tadi kemungkinan besar bukan berasal dari letusan Gunung Anak Krakakatau di Selat Sunda.

Menurut Hendra, letusan di Gunung Anak Krakatau yang dimulai sejak Jumat (10/4) malam, relatif kecil. Karenanya ia menilai serangkaian dentuman keras di daerah Jabodetabek bukan berasal dari letusan tersebut.

Kondisi sejumlah gunung berapi di Indonesia pasca letusan Gunung Anak Krakatau (https://magma.esdm.go.id/)

“Saya kira bukan (karena Gunung Anak Krakatau). Itu terlalu jauh,” ujar Hendra wawancaranya di Radio Elshinta, Sabtu (11/4) seperti dikutip dari Tribun.

Masih menurut keterangan Hendra, tipikal erupsi Gunung Anak Krakatau saat ini lebih bersifat aliran dengan kondisi gas yang relatif sedikit dan lebih didominasi semburan lava. Hal ini yang menjadi dasar jika suara dentuman yang terdengar oleh sebagian warga Jabodetabek itu bukan berasal dari letusan Gunung Anak Krakatau.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers