Saling Menguatkan Diri untuk Berbagi Sukacita Paskah, di Tengah Wabah Corona di Indonesia

0

Beepdo.com – Hari Paskah pada Minggu (12/4) bagi umat kristiani di seluruh Indonesia dan dunia memang sudah dinantikan sejak lama, setelah sebagian umat kristiani menjalani masa puasa dan pantang selama 40 hari. Wabah corona membuat suasana Paskah tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Setelah COVID-19 menyebar di Indonesia, membuat gereja melarang umat untuk hadir merayakan perayaan ekaristi dankebaktian setiap Minggu. Menjelang Paskah, kondisi tidak membaik, hingga akhirnya seluruh umat kristiani di Indonesia tak bisa datang ke gereja untuk merayakan Paskah.

Foto: Walter Pinem

Seperti dikutip dari situs Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia atau PGI, tertulis bahwa Pandemi virus corona telah mempengaruhi tata cara umat kristiani dalam merayakan Paskah. Demi melindungi diri sendiri dan orang lain, umat disarankan untuk merayakan Paskah hari Kebangkitan Yesus di dalam rumah bersama keluarga.

PGI berpesan ancaman dari virus mematikan itu seharusnya membuat seluruh umat untuk yakin bahwa ada iman dan harapan bersama kebangkitan Yesus, jadi tak perlu gusar dan khawatir dengan kondisi sekarang.

Foto (Telegraph)

Sementara itu Plt Direktur Urusan Agama Katolik Kementerian Agama (Kemenag) RI, FX Rudy Andrianto mengatakan bahwa Paskah dijadikan momen untuk saling menguatkan diri antar anggota keluarga dan sesama satu sama lain.

“Di masa Paskah ini kita tetap berdoa dan menerima permasalahan COVID-19 ini dengan tetap di rumah, untuk saling mendoakan, memperkuat, sehingga kita bisa cepat terlepas dari kondisi seperti ini,” papar Rudy, dikutip dari Kompas.com.

(Foto:Investordaily.com)

Meskipun tak bisa mengikuti perayaan ekaristi atau ibadah Paskah di gereja, tentunya umat kristiani dapat merasakan sukacita paskah dengan menyaksikan melalui siaran langsung di televisi (TVRI & Kompas TV), Radio (RRI), maupun YouTube. Tayangan dan siaran tersebut sudah berlangsung sejak perayaan Minggu Palma, Kamis Putih, Jumat Agung, dan Sabtu Suci pada petang ini.

Meski hanya berada di rumah sukacita Paskah bisa kita saling bagikan kepada keluarga di rumah sembari saling berjaga di tengah wabah corona yang sedang terjadi di Indonesia.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers