Cafe Code: Siapa Saja yang Bisa Mendirikan Media Pers? Ini Ulasan Hendry Ch Bangun (1)

0

Beepdo.com – Dari masa ke masa, media memang memegang peran penting dalam penyampaian berita dan informasi. Namun seiring berjalannya waktu, saat ini media sudah berkembang pesat menjadi berbagai wujud, mulai dari cetak, online, bahkan media sosial.

Bentuk media yang beraneka ragam ini seringkali menimbulkan kebingungan. Dengan teknologi saat ini, semua orang memang punya kesempatan untuk membentuk media sendiri. Meski demikian, ternyata ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar media itu dianggap sah secara hukum.

“Jadi dalam undang-undang pers itu memang dinyatakan siapapun, bahkan negara, bisa mendirikan perusahaan media. Artinya siapa saja, apakah dia memulai sebagai wartawan atau sebagai orang yang punya modal, bisa mendirikan perusahaan pers,” kata Hendry Ch Bangun, Wakil Ketua Dewan Pers.

“Hanya saja, dikatakan bahwa pers itu harus berbadan hukum. Kalau di Indonesia itu badan hukum adalah PT, yayasan, dan koperasi. Sedangkan CV, NP, dan semua yang kemarin kita dengar itu sudah tak lagi bisa jadi badan hukum pers. Kalau dagang bisa, tapi kalau pers ya cuma PT, yayasan, dan koperasi,” ungkapnya lagi.

Selain itu, sebuah perusahaan pers juga harus memperhatikan standard dan peraturan yang dibentuk Dewan Pers. Salah satunya adalah bahwa pemimpin atau penanggung jawab redaksi harus orang yang telah memiliki sertifikasi wartawan utama.

“Dewan pers yang dibentuk undang-undang juga mengesahkan berbagai peraturan tentang standard perusahaan, kompetensi, kode etik jurnalistik, pedoman media cyber. Itu juga harus ditaati perusahaan pers. Misalnya, penanggung jawab atau pemimpun redaksi harus bersertifikasi wartawan utama. Ini adalah standard,” lanjutnya. Apa lagi syarat utama menjadi media yang sah? Simak wawancara bersama Hendry Ch Bangun dalam video Cafe Code di atas!

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat
Berikan Komentar
19.7kFans
349Followers
711kSubscribers
90.2kFollowers