Cafe Code: Ulasan Lisa V, SH., Perempuan Harus Berani Bersuara Agar Hukum Bisa Ditegakkan

0

Beepdo.com – Perbuatan mewalan hukum masih kerap terjadi pada perempuan hingga kini. Persolan inilah yang menjadi topik bahasan Cafe Code kali ini bersama praktisi hukum dan lawyer perempuan Lisa Victory, SH.

Masih banyak perempuan yang dengan alasan tertentu seperti malu, takut dan lain sebagainya malah tak melaporkan tindak pidana yang terjadi padanya. Padahal semua itu harus dibuang jauh-jauh agar persoalan ini bisa diungkap dan hukum bisa ditegakkan.

Lisa V, SH (Beepdo.com)

Lisa mengatakan, untuk setiap perempuan yang merasa pernah menjadi korban kekerasan harus berani melapor. Karena setiap orang berhak untuk melapor jika mengalami kekersan terutama perempuan.

“Korban berhak melaporkan secara langsung kepada pihak yang berwajib atau dapat yang melaporkan adalah yang dikuasakan mungkin ada perasaan malu, atau takut atau tertekan jadi kita mengkuasakan kepada orang lain untuk melaporkan kekerasan dalam perempuan tersebut,” kata Lisa.

Lisa V, SH (Beepdo.com)

Ia juga menjelaskan, yang masuk dalam katagori kekersan itu cukup luas, apalagi perempuan tersebut merasa menderita atau sengsara akibat perbuatan yang tidak mengenakan.

“Kekerasan dalam perempuan yaitu yang mengandung unsur kesengsaraan, penderitaan secara fisik, seksual atau fisiologis ancaman tertentu, perampasan kemerdekaan secara sewenang-wenang yang terjadi di depan umum atau dalam kehidupan pribadi,” kata Lisa Victory, SH.

Anda mungkin juga berminat