Minyak Kayu Putih Obat Corona, Benarkah Menyembuhkan Pasien Covid-19?

0

Beepdo.com – Jumat, (8/5) lalu, Kementerian Pertanian (Kementan) meluncurkan produk antivirus corona berbasis eucalyptus atau minyak kayu putih. Produk ini diklaim Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo sudah melalui uji lab dan efektif membunuh virus influenza, beta dan gamma corona.

“Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) membuat beberapa prototipe eucalyptus dengan nano teknologi dalam bentuk inhaler, roll on, salep, balsem dan defuser,” ujar Mentan dalam keterangan tertulisnya.

Ilustrasi uji lab obat virus corona.

Masih dari keterangan yang sama, hasil uji lab produk eucalyptus ini diklaim mampu membunuh 80-100 persen virus. Produk ini bakal terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pasien Covid-19 yang tengah dirawat.

Tapi benarkah eucalyptus atau minyak kayu putih ini dapat membunuh virus? Menurut Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR dr Inggrid Tania MSI, eucalyptus memang mengandung zar yang bersifat anti bakteri, virus dan jamur.

Penanganan pasien virus corona via Antara

Namun dijelaskan dr Inggrid jika eucalyptus masih efektif membunuh virus betacorona, bukan tipe varian virus Covid-19, SARS-CoV-2. “Memang pernah ada penelitian eucalyptus efektif untuk membunuh virus betacorona, tetapi bukan virusnya Covid-19, SARS-CoV-2,” jelas dr Inggrid seperti dilansir Beepdo dari Kompas.

Sementara Covid-19, varian baru virus corona yang sedang mewabah saat ini termasuk betacorona yang lebih baru. Belum ada bukti ilmiah kuat jika minyak kayu putih (eucalyptus) juga efektif terhadap varian baru betacorona seperti Covid-19 ini.

Anda mungkin juga berminat