Ini Daftar Seleb yang Harus Berurusan dengan Polisi Karena Dugaan Penghinaan di Ruang Publik

0

Beepdo.com – Era keterbukaan saat ini layaknya pedang bermata dua. Di satu sisi orang jadi semakin bebas bersuara, sementara di sisi lain bisa memberikan petaka. Contohnya saja yang terjadi kepada Andre Taulany dan Rina Nose. Akibat candaannya, keduanya harus berurusan dengan Kepolisian.

Andre dan Rina dilaporkan karena dianggap mencemarkan nama baik usai memplesetkan marga Latuconsina di sebuah acara televisi. Bukan kali ini selebriti harus berurusan dengan hukum karena tindakan yang mereka lakukan di ruang publik, berikut Beepdo rangkum beberapa kejadian yang juga melibatkan selebriti dengan kasus serupa.

1. Ahmad Dhani

Ahmad Dhani (Beepdo.com)

Ahmad Dhani baru saja bernafas lega usai menjalani masa hukumannya di penjara. Musisi yang erat dengan tindakan kontroversial ini harus mendekam di hotel prodeo terkait aksi ujaran kebencian.

Bahkan Dhani tercatat beberapa kali tersandung kasus yang sama. Salah satu di antaranya ketika sempat dilaporkanorganisasi relawan Ahok-Djarot, ‘BTP Network, karena cuitannya di Twitter tentang “penista agama”.

2. Inul Daratista

Inul Daratista (Beepdo.com)

Inul juga pernah dilaporkan ke Polisi karena dianggap melakukan perbuatan tak menyenangkan kepada ulama melalui postingan di akun instagramnya. Inul dilaporkan atas dugaan pelanggaran pasal 310 dan pasal 311 KUHP serta pasal 28 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) pata tahun 2017 lalu oleh gabungan advokat “Advokat Peduli Ulama”.

3. Lyra Virna

Fadlan Muhammad akan selalu mendampingi Lyra Virna. (tribunnews.com)

Berikutnya ada nama artis cantik Lyra Virna yang dilaporkan ke Polisi terkait unggahan di akun instagram pribadinya. Lyra dilaporkan oleh pemilik agen travel haji dan umrah, Lasti Annisa, ke pihak kepolisian lantaran unggahan di akun Instagram pribadinya dianggap menyudutkan agen travel haji dan umrah milik Lasti.

4. Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Datangi Polres Jakarta Selatan (Beepdo.com)

Nikita juga pernah berurusan dengan Polisi karena akun twitter miliknya mengunggah cuitan yang dianggap menghina film G30S/PKI dan juga nama baik TNI. Ia dilaporkan oleh Yogi Vitagora, advokat asal Palembang, Sumatera Selatan.

Namun Nikita membantah cuitan tersebut. Menurut pengakuannya, ia sudah lama tak membuka twitter dan juga tidak pernah nonton film G30S/PKI.

5. Istri Andre Taulany

Andre Taulany dan Erin Taulany (Instagram

Yang terakhir datang dari Andre Taulany, tetapi kali ini sang istri, Reinwartia Trygina yang dilaporkan ke Polisi karena dianggap menghina calon presiden Prabowo Subianto. Akibat unggahannya itu, Erin tak hanya menuai reaksi negatif dari berbagai pihak, tetapi juga harus berurusan dengan hukum dengan tudingan melakukan pencemaran nama baik.

Beberapa kejadian di atas seakan mengingatkan kita untuk menjaga perkataan ketika berada di ruang publik. Entah itu bahan candaan atau dalam suasana berbeda, dengan demikian hal yang menimpa Andre Taulany dan Rina Nose bisa terhindarkan.

Anda mungkin juga berminat