Cafe Code: Etika Melaporkan Suatu Perkara kepada Polisi

0

Beepdo.com– Setiap saat dan dalam setiap interaksi selalun ada potensi kesalahan yang dilakukan. Pertanyaannya apakah setiap persoalan yang muncul harus dilaporkan ke pihak kepolisian, apakah ada cara lain untuk menyelesaikan masalah. Kalau sebuah persoalan memang harus dilaporkan ke polisi etika melaporkan sebuah perkara? Yuk disimak Cafe Code Bareng Bang Fitra Romadoni Nasution, SH., MH berikut ini.

“Etika dalam melaporkan sebuah perkara ke polisi itu seorang yang akan melapor, apakah orang yang bersangkutan atau lawyer sebaiknya melakukan mediasi terlebih dahulu. Jadi mengutamakan mediasi atau perdamaian untuk menyelesaikan persoalan yang ada,” katanya saat ditemui di Steak Gunting, Ruko Cordoba, PIK, Jakarta Utara belum lama berselang.

Pitra Romadoni Nasution. (Beepdo.com)

Biasanya, lanjut Pitra, dari kuasa hukum atau lawyer akan mengirimkan surat untuk melakukan pertemuan dan diskusi atas persoalan yang terjadi. “Kalau mediasi ini tak menemukan titik temu, bisa melakukan teguran atau somasi,” kata Pitra.

Jika sudah dilakukan somasi atau teguran tak juga ada tanggapan, maka bisa dilakukan upaya hukum berikutnya. Pihak yang merasa dirugikan bisa melaporkan perkaranya ke polisi atau melakukan gugatan perdata. “Fungsi dari somasi adalah untuk menegur agar persoalan bisa diselesaikan. Kalau tak ada titik temu baru melakukan uoaya hukum seperti lapor ke polisi atau melayangkan gugatan perdata dan pidana,” terangnya.

Pitra Romadoni Nasution. (Beepdo.com)

Buat semua yang ingin memasuki ranah hukum lebih banyak membaca produk hukum. Jangan lupa ada etika yang harus ditaati sebelum memasukkan laporan ke polisi. Sampai di sini Cafe Code kali ini.

Anda mungkin juga berminat