Tuesday Exclusive Interview: Marcella Zalianty Harapkan Film Jadi Lokomotif Industri Kreatif

0

Beepdo.com- Marcella Zalianty melihat film adalah sektor strategis yang memiliki banyak fungsi. Film bisa menjadi wahana mengenalkan budaya kepada publik sampai menjadi lokomotif industri kreatif. Namun yang dia amati sebaran film saat ini masih belum  merata. Bioskop hanya terdapat di kota-kota besar dan pusat perpelanjaan kelas menengah ke atas. Karena itulah gagasan bioskop rakyat yang dia gagas menjadi penting.

Marcella bersyukur gagasan ini mendapat dukungan dari pemerintah daerah DKI Jakarta. Bioskop rakyat pertama yang diberi nama Indiskop berdiri di Teluk Gong, Jakarta Utara. Peresmian bioskop ini dilakukan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum lama ini. “Selama ini bioskosp itu masih dinikmati oleh kalangan menengah ke atas. Ini fakta yang bisa kita saksikan sendiri. Bioskop-bioskop adanya di pusat perbelanjaan yang biasanya didatangi oleh kelas menengah ke atas,” ujarnya saat ditemui Abdul Kadir dari Beepdo.com yang menemuinya di kampus SGPP Indonesia, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, belum lama berselang.

Marcella Zalianty. (Beepdo.com)

Padahal, lanjutnya film punya kekuatan yang luar biasa. “Film adalah salah satu alat untuk mengenalkan budaya kepada masyarakat. Dengan keberagaman masyarakat kita film bisa menjadi pemersatu. Film bisa menjadi sarana untuk selebrasi tentang keberagaman yang ada di negeri kita ini. Lewat film masyarakat kita di Jakarta bisa tahu tentang warga di Padang. Masyarakat yang ada di Papua jadi tahu tentang Padang dan lain sebagainya. Film punya kekuatan se-powerful itu,” paparnya.

Film bisa menyentuh ruang psikologis dengan kisah dan cerita yang unik. “Dengan cerita film  yang beragam itu bisa membawa kita memasuki atau terbawa dalam kisah itu. Kita seperti diajari tanpa harus sekolah. Banyak nilai-nilai yang bisa disebarkan lewat cerita yang diangkat. Seperti nilai persahabatan, persaudaraan, perjuangan dan sebagainya bisa masuk dengan mudah ke dalam jiwa penonton, khususnya anak-anak,” papar kakak kandung Olivia Zalianty ini.

Marcella Zalianty. (Beepdo.com)

Menurut Marcella Zalianty, pemerintah dan juga pemerintah daerah perlu politicalwill untuk memanfaatkan film untuk beragam kebutuhan. Keberadaan bioskop rakyat yang dirikan diharapkan bisa menjadi sarana untuk memutar film dan juga sebagai ruang kreatif bagi rakyat  untuk berkumpul sembari menyaksikan film-film baik karya sineas dalam negeri maupun manca-negara. “Masyarakat tidak hanya menonton film, tapi juga bisa bernetraksi bahkan memamerkan karyanya di ruang publik yang tersedia di Indiskop.

Film sebagai industri kreatif bisa menjadi lokomotif yang bisa menggerakkan perekonomian. “Film ini kan dimensinya luas. Lewat film bisa menggandeng seni musik, fashion, kuliner dan industri kreatif lainnya. Jadi mungkin banget film menjadi lokomotif bagi industri yang lain,” kata Marcella Zalianty.

 

Anda mungkin juga berminat