Cafe Code: Soal Laporan yang Belum Tahu Pelakunya, Ini Kata Fahmi Bachmid

0

Beepdo.com– Persoalan pidana atau dugaan perbuatan pidana tidak selamanya bisa diketahui secara pasti oleh orang yang menyangkakan perbuatan itu. Tapi kalau perbuatan itu tidak dilaporkan ke pihak berwajib nanti bisa tuman alias berulang lagi dan lagi. Namun untuk menunjuk hidung si terduga belum yakin benar atau kurang bukti awal. Kalau seperti ini seperti apa yang bisa dilakukan? Yuk kita simak ulasan dari praktisi hukum kita Dr. Fahmi Bachmid, S.H., Mhum.,  dalam Cafe Code kali ini.

“Dalam sebuah kejadian kriminal memang ada beberapa hal yang mustinya ada. Soal di mana kejadian peristiwa, lalu kapan waktu kejadian, dan siapa yang diduga melakukan kejahatan itu. Dua yang pertama musti tahu dong. Tapi yang ketiga kalau tidak tahu atau belum yakin atau meragukan bisa dikosongkan. Jadi pelakunya siapa dalam lidik polisi. Jadi boleh dikosongkan siapa terduganya,” urainya.

Dr. Fahmi Bachmid, SH., Mhum (Beepdo.com/AK)

Lalu tigas siapa menjadi terduga pelaku tindak pidana? Inilah tugas dari kepolisian. Dia yang akan melakukan penyelidikan dan penyidikan. Beberapa orang yang mengetahui kejadian akan dipanggil untuk dimintai keterangan. Dari sana nanti akan berkembang dan menuju kepada orang tertentu.”Itu adalah tugas kepolisian,” katanya.

Kalau belum apa-apa sudah menuding seseorang, lanjutnya, padahal belum yakin benar nanti dikhawatirkan tuduhan itu akan menjadi bumerang. “Makanya dalam beberapa perkara seseorang yang melaporkan tidak mengisi kolom terduga pelaku. Kalau salah tuding bisa berbahaya buat yang melaporkan,” tambahnya.

Dr. Fahmi Bachmid, SH., Mhum dan Edy Suherli (Beepdo.com/AK)

Jadi, jelas Fahmi Bachmid jangan ragu untuk melaporkan sebuah tindak pidana. Namun jangan gegabah juga untuk menuding seseroang yang diduga melakukan sebuah perbuatan pidana. “Jadi boleh saja kita melaporkan dugaan sebuah tindak pidana kalau kita tidak mengetahui siapa pelakunya. Biasanya untuk tindak pidana penipuan, pemalsuan dan lain-lain belum tentu diketahui siapa pelakunya. Untuk perbuatan seperti penganiayaan dan perbruatan tidak menyenangkan yang jelas-jelas sudah diketahui siapa pelakunya silahkan dituliskan nama terduga pelakunya,” tegasnya dalam episode Cafe Code kali ini.

Anda mungkin juga berminat