Eksklusif, Sebelum Indonesia Terpapar Covid-19 Dede Yusuf Sudah Ingatkan Pemerintah

0

Beepdo.com– Saat wilayah Indonesia belum terpapar covid-19 Dede Yusuf sudah mengingatkan pemerintah untuk melakukan Langkah antisipasi. Namun peringatan itu sepertinya belum dianggap serius. Padahal kalau pemerintah bisa lebih serius menyikapi keadaan akan lain jadinya. Kini semua sudah terjadi, semua pihak harus fokus dan memberikan perhatian lebih sampai keadaan tidak kondusif ini bisa dilewati.

“Terkait dengan Covid-19 ini saya sejak awal sudah mengingatkan saat baru beberapa negara yang terpapar.  Saya mengingatkan dengam berbagai cara agar pemerintah bisa melakukan antisipasi dengan benar. Namun kelihatnya pemerintah masih menganggap ringan saat itu dengan menanggapinya dengan guyonan seperti nasi kucing. Te­­rus dikataan virus ini tidak akan masuk di Indonesia dan sebagainya. Kenyataannya semua sudah melihat kondisi kita seperti apa kini. Langkah antisipasi bisa dilakukan dengan menyiapkan logistik, tenaga medis dan obat-obatan serta alat-alat yang dibutuhkan seperti APD (alat pelindung diri), masker, dll., yang dibutuhkan untuk penanganan,” ujarnya kepada Edy Suherli dari Beepdo.com yang mewawancarainya Jumat (29/3).

Dede Yusuf. (Beepdo.com)

Sekarang lanjut Dede, semua sudah terjadi dan harus fokus menangani meluasnya sebaran covid-19 ini. “Kami sebagai anggota dewan sudah meminta kepada presiden untuk mengeluarkan perpres dan aturan main untuk menangani semua ini. Apa saja yang harus dilakukan oleh pemerintah daerah dan pusat. Apa pula peran aparat keamanan dan polisi. Kalau perlu mengambil tindakan lockdown mengapa tidak,” tegasnya.

Karena itulah semua harus bahu-membahu. “Harus diakui kita terlambat menangani ini semua, gejalanhya sudah menyebar. Saat negara lain suda terkena kita masih membuka pintu masuk untuk wisatawan asing dan tenaga kerja asing. Yang harus dilakukan adalah berjuang keras dan tegas. Semua harus stay at home, work at home. Fokuskan anggaran untuk membantu penanganan covid-19 untuk tenaga medis, obat-obatan dan sebagainya. TNI dan Polri juga ikut serta,” tandasnya.

Dede Yusuf (Beepdo.com)

Menurut Dede Yusuf saat ini buang jauh-jauh dulu program pemerintah yang sifatnya tidak penting. “Sekarang kita benar-benar fokus untuk penaggulangan pandemi covid-19 ini. Jangan dulu berpikir untuk pindah ibukota membangun ini dan itu. Nyawa manusia itu amat berharga. Kemarin saya mendengar ada kawan kami anggota DPR RI yang meninggal karena terjangkit virus ini. Beberapa dokter dan tenaga medis juga ada yang meninggal. Ayo kita hentikan, kita harus berjuang bersama-sama. Kita harus berani mengambil tanggungjawab, engga bisa lagi acuh pada keadaan,” tegasnya.

Anda mungkin juga berminat