Herd Immunity Apa Itu? Temukan Jawabannya di Sini

Beepdo.com, Jakarta Kasus pandemi virus Corona yang sampai kini masih belum juga dapat dihentikan membuat banyak negara berlomba-lomba untuk mencari obat atau vaksin yang tepat yang dapat mengatasi virus yang telah merenggut jutaan nyawa di seluruh dunia ini. Lalu herd immunity apa itu yang kini selalu dikaitkan dengan Covid-19?

Dilansir dari Business Insider, Rabu (20/5/2020), herd immunity adalah kondisi saat sejumlah orang dalam populasi memiliki daya imun yang sangat baik sehingga tahan terhadap penyakit. Karena herd imunity tersebut dapat memungkinkan untuk penyakit tidak menyebar lebih luas dan bisa ditahan penyebarannya.

Herd immunity untuk menghadapi virus Corona sempat diutarakan oleh Perdana Menteri Belanda Mark Rutte dalam sebuah acara televisi. “Dengan pendekatan herd immunity, satu dari banyak orang hanya akan mengalami gejala minimal. Hasilnya, kita bisa bangun daya tahan tubuh komunitas dan sistem kesehatan untuk menanganinya,” jelas Rutte.

Namun saat itu apa yang dijelaskan oleh Rutte langsung menuai kontroversi. Ahli kesehatan memberikan tanggapan negative dari apa yang diutarakan oleh Rutte. Namun belakangan beberapa negara diketahui mencoba menerapkan herd immunity tersebut, sebut saja Swedia. Keputusan tersebut memang menimbulkan kontroversi.

Jadi herd immunity apa itu kamu sudah tahu, kan? Terkait virus Corona sendiri, para ahli memperkirakan bahwa mereka membutuhkan waktu setidaknya 18 bulan untuk mengembangkan vaksi yang bisa dimanfaatkan untuk melindungi tubuh dari virus Corona, Covid-19. Cara mencegah penyebarannya untuk saat ini adalah dengan melakukan jaga jarak, karantina mandiri di rumah dan rajin mencuci tangan serta mengonsumsi makanan yang dapat memperkuat sistem imun tubuh.

Komentar
Loading...