Hasil Sidang Isbat, Hari Raya Idul Fitri Jatuh Pada Minggu, 24 Mei 2020

0

Beepdo.com, Jakarta Kementerian Agama telah mengumumkan bahwa dari hasil Sidang Isbat, maka Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran 2020 jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020. Itulah jawaban yang pastinya sedang kamu tunggu-tunggu karena dari kemarin bertanya-tanya kapan Lebaran tiba. Sejauh mana persiapan Lebarannya guys?

Menteri Agama Fachrul Razi yang memimpin langsung sidang Isbat terbatas menjelaskan,”Sidang Isbat secara bulat menyatakan 1 syawal jatuh pada hari Ahad atau Minggu, 24 Mei 2020,” Jelas Fachrul Razi. Hasil sidang Isbat tersebut diumumkan secara telekonferensi dan disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV POOL dan live streaming medsos Kemenag.

Sebelumnya, Kementerian Agama menggelar sidang Isbat untuk menentukan awal bulan Syawal 1441 Hijriah pada Jumat (22/5/2020). Sidang Isbat tersebut digelar juga untuk menetapkan Hari Raya Idul Fitri yang jatuh setiap 1 Syawal pada penanggalan Hijriah. Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama, Agus Salim menyatakan sidang Isbat digelar sesuai protocol kesehatan pencegahan virus Corona, Covid-19.

“Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, serta Komisi VIII DPR,” jelas Agus dalam keterangan resminya. Kemenag sendiri menentukan Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah menggunakan rukyatul hilal atau yang biasa dikenal dengan pengamatan hilal.

“Hilal akan dipantau di 80 titik yang tersebar di 34 propinsi,” jelas Agus. Jadi sudah siap menyambut Lebaran? Hari Raya Idul Fitri kali ini pastinya berbeda dengan sebelum-sebelumnya karena pandemi virus Corona. Tapi, kamu tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga tercinta melalui video call ataupun telepon ya.

Anda mungkin juga berminat