Keampuhan Minyak Kayu Putih, Peneliti Sebut Bisa untuk Cegah Corona

Beepdo.com, Jakarta Minyak kayu putih bisa cegah Corona? Pembahasan yang satu itu kini tengah menjadi perbincangan di dunia maya. Salah satu penyebabnya adalah lantaran Mantan Rektor Universitas Hasanudin (Unhas) Prof Idrus Paturusi menyebutkan kalau salah satu obat yang membuatnya sembuh dari Corona adalah minyak kayu putih.

“Selain suplemen yang ampuh untuk mengatasi virus Corona, resep dari leluhur zaman dahulu menggunakan minyak kayu putih khususnya pada saat terkena flu,” jelas Prof Idrus dalam perbincangannya dengan Ustaz Da’sad Latif, Selasa, 2 Mei 2020. Tentunya minyak kayu putih tersebut tidak diminum ya.

Prof Idrus menjelaskan kalau minyak kayu putih tersebut hanya diteteskan ke tisu, lalu tisu tersebut dimasukkan ke dalam masker yang dikenakan. Apakah minyak kayu putih memang dapat mencegah Corona? Dilansir dari Halodoc.com, Jumat (29/5/2020), Dosen IPB dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Prof Dr Hanny Wijaya mengatakan minyak kayu putih berpotensi mencegah virus Corona.

Hal ini disampaikannya berdasarkan data kesehatan berjudul Eucalyptol (1,8-cineole) from Eucalyptus Essential Oil a Potential Inhibitor of COVID-19 Corona Virus Infection by Molecular Docking Studies yang menunjukkan senyawa 1,8 sineol berpotensi menjadi senyawa yang dapat menghambat infeksi COVID-19.

Hasil penelitian dalam jurnal tersebut memperlihatkan kalau minyak atsiri yang terdapat pada minyak kayu putih dapat mencegah virus corona. Walaupun penelitian tersebut masih membutuhkan pembuktian empiris, tetapi senyawa 1,8 sineol disinyalir memiliki kandungan antioksidan yang dapat berperan dalam proses penyembuhan pada penyakit saluran pernapasan seperti asma.

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...