Rice Cooker Bikin Nasi Lengket dan Cepat Basi, Coba Tips Berikut Ini

Beepdo.com, Jakarta Memasak nasi di rice cooker memang terlihat mudah, tapi kenyataannya nggak semudah yang dibayangkan. Nggak heran kalau nasi yang kamu masak di rice cooker bisa saja malah jadinya lengket ataupun gampang basi, belum ada 24 jam warna nasi sudah kuning atau malah sudah berari.

Itu tandanya cara masak atau cara menggunakan rice cooker kamu belum benar tuh. Ada beberapa tips yang bisa kamu praktekin di rumah supaya bisa memasak nasi di rice cooker dengan hasil yang maksimal. Yuk, simak tips agar nasi tidak lengket dan nggak gampang basi saat masak menggunakan rice cooker.

1. Masak Nasinya Harus Sesuai Takaran

Supaya hasil nasinya bagus, maka kamu harus tahu kalau takarannya alias perbandingan beras dan airnya itu 2:1. Terlalu banyak air akan membuat nasi yang dihasilkan jadi lembek, lengket. Kalau airnya kedikitan tentunya juga bikin nasi malah kasar dan kering.

2. Tambahkan Air Perasan Lemon

Selain bisa menambah aroma nasi menjadi lebih wangi, air perasan lemon juga akan membuat nasi lebih terlihat putih dan bersih. Cantik banget deh!

3. Jangan Lupa Menutup Kembali Rice Cooker

Kamu yang sudah mengambil nasi, jangan lupa menutup rice cooker-nya kembali ya. Hal tersebut tentunya untuk mencegah nasi menjadi kering. Selain itu, udara yang masuk ke magic com dapat memicu nasi jadi mudah basi.

4. Aduk Merata Setelah Matang

Setelah matang, jangan lupa untuk mengaduk nasi supaya uap yang terdapat pada sela-sela nasi bisa merata. Hal tersebut dapat membantu untuk mencegah nasi mengering.

5. Setelan Rice Cooker Haruslah Tetap

Kalau rice cooker kamu telah dilengkapi dengan fitur setelan nasi pulen atau pera, maka kamu bisa memanfaatkan itu.

6. Cobalah untuk Menambahkan Minyak Zaitun

Supaya tekstur nasinya semakin bagus, kamu bisa menambahkan sedikit minyak zaitun ke dalam beras ketika memasak. Minyak zaitun juga dapat mencegah nasi lengket di pinggiran rice cooker.

Itulah beberapa tips supaya rice cooker kamu bisa digunakan dengan maksimal dan menghasilkan nasi yang bagus, tidak lengket dan tidak gampang basi. Kalau kamu lagi butuh rice cooker baru, langsung beli saja di sini ya: https://invol.co/clplx0

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...