Seberapa Penting Menggunakan Mouthwash untuk Kesehatan Mulut? Cek Dulu Faktanya!

0

Beepdo.com, Jakarta Moutwash atau obat kumur bagi sebagian orang mungkin adalah sebuah keharusan, namun beberapa orang lainnya merasa kalau menggosok gigi dengan pasta gigi saja sudah cukup. Jadi, sebenarnya kita masih perlu menggunakan moutwash lagi atau nggak sih?

Buat kamu yang masih bingung, maka inilah jawabannya. Dilansir dari Alodokter.com, Kamis (9/7/2020), Mouthwash yang merupakan cairan obat untuk membersihkan area rongga mulut ini memang dipercaya dapat menghilangkan bau mulut dan memberikan sensasi segar di mulut.

Namun mouthwash yang digunakan usai menggosok gigi ini nyatanya memang memiliki berbagai keuntungan, salah satunya adalah mencegah gigi berlubang. Penggunaan mouthwash bertujuan untuk membantu mencegah kerusakan gigi, mengurangi karang gigi serta dapat membantu memutihkan gigi.

Di bawah ini adalah penjelasan mengenai berbagai macam manfaat yang ada dalam kandungan moutwash.

  1. Flouride, membantu mencegah kerusakan gigi dan gigi berlubang.
  2. Antimikrobal, membasmi bakteri penyebab bau mulut, radang gusi dan karang gigi.
  3. Zat pembasmi bau mulut, yang berguna untuk menyamarkan, mengurangi bahkan menonaktifkan senyawa penyebab bau mulut, seperti astringent salt atau cetylpyridinium chloride.
  4. Peroksida, zat aktif yang membantu mencegah noda pada permukaan gigi. Biasanya terdapat pada produk moutwash pemutih.
  5. Antiseptic seperti klorheksidin dan minyak esensial yang dapat membantu mengendalikan karang gigi dan radang gusi.

 

Sekarang yang juga harus perlu kamu ketahui adalah aturan menggunakan moutwash. Gunakan moutwash pagi dan malam hari. Gunakan moutwash sesuai gelas takar, jangan  berlebihan kecuali memang mendapatkan rekomendasi dari dokter. Pilihan moutwash terbaik ada di sini.

Anda mungkin juga berminat