Cara Kerja Pemanas Air Tenaga Surya dan Cara Menggunakannya dengan Benar

Beepdo.com, Jakarta Kalau cuaca sedang dingin, maka pastinya enak banget deh ke kamar mandi lalu nyalain keluar yang keluar adalah air hangat. Tenang guys, itu semua bukan mimpi lagi kok. Kamu juga bisa punya air hangat sendiri di rumah,  caranya adalah dengan menggunakan pemanas air tenaga surya yang alatnya juga bisa kamu beli secara online lho.

Sebelum membelinya, ketahui terlebih dahulu bagaimana cara kerjanya serta bagaimana cara perawatannya supaya alat pemanas air tenaga surya yang kamu beli nanti nggak gampang rusak. Dilansir dari Pompaair.com, Selasa (28/7/2020), cara kerja dari sistem pemanas air solar water heater (tenaga surya) adalah menggunakan panel surya atau kolektor.

Komponen tersebut nantinya yang akan dipasang diatap rumah atau bangunan yang dapat menerima sinar matahari secara langsung untuk mengumpulkan panas matahari dan menggunakannya sebagai proses memanaskan air. Proses pemanasan airnya sendiri dilakukan pada sebuah komponen yang bernama cycling yang juga berfungsi sebagai tempat menyimpan stok air panas.

Lalu bagaimana cara perawatan mesin pemanas air bertenaga surya? Ada perawatan yang dilakukan 1-2 bulan atau juga pemeriksaan setiap 6 bulan-1 tahun. Pemeriksaan berkala (1-2 bulan) yang harus dilakukan diantaranya adalah pastikan bahwa tidak ada tanda-tanda kerusakan fisik yang terjadi pada unit pemanas air.

Jangan lupa juga untuk membersihkan semua debu yang sudah menumpuk di unit. Termasuk pemeriksaan terhadap aliran pipa antara kolektor dan tangka penyimpanan. Sementara itu untuk pemeriksaan setiap 6 bulan-1 tahun, yakni periksa pompa control agar suplai air yang dihasilkan lancar dan maksimal.

Kuraslah unit Solar Heater Water dengan cara menggantinya dengan air yang baru karena hal tersebut bertujuan supaya tidak terjadi penyumbatan pada unit yang disebabkan karena adanya kotoran yang terbawa oleh air. Terakhir periksalah check valve, pressure valve dan one way valve apakah masih berfungsi baik. Bagaimana, langsung mau beli? Belinya di sini aja.

Anda mungkin juga berminat