Tips Mengolah Daging ala Pedagang Sate, Momen Idul Adha Dijamin Nampol

Beepdo.com, Jakarta Beberapa hari lagi Idul Adha nih, sudah menyiapkan segala kebutuhan untuk bakar-bakaran? Momen Idul Adha biasanya memang dimeriahkan dengan bakar sate. Hampir disetiap rumah kamu akan mencium wangi sate yang aromanya langsung bikin ngiler dan makan sate kambing.

Tapi pertanyaanya setiap tahun bakar sate apakah rasa sate yang kamu buat itu sama dengan enaknya rasa sate yang dijual oleh pedagang sate beneran? Biasanya sih kamu pasti mengenakan bumbu seadanya saja, sudah gitu mengolah dagingnya pun mungkin salah lho. Sate bakalan semakin enak kalau kamu mengolah dagingnya dengan benar.

Supaya rasa sate makin enak kamu juga harus memilih kualitas sate yang bagus. Daging yang segar itu memiliki ciri khas, yakni daging merah segar, tidak berlendir dan memiliki bau khas daging. Daging berwarna gelap akan membuat daging lebih keras. Lalu sebelum dimasukkan ke kulkas, daging juga seharusnya dipotong-potong terlebih dahulu sesuai porsi masaknya.

Sate Kambing. (Foto: Bukalapak)

 

Nah buat kamu yang ingin rasa daging satenya enak, memang ternyata harus bersabar lho. Kamu harus terlebih dahulu meletakkannya di dalam lemari es dengan suhu empat derajat lalu dibungkus dengan lap bersih. Simpan dilemari es selama 24 jam. Selain itu, beberapa tips di bawah ini bikin rasa sate dagingnya jadi lebih enak.

1. Jangan Kena Air

Kalau kena air daging kambing malah akan mengeluarkan bau prengus lho. Jadi, kamu bisa langsung saja mengolah daging kambing. Tenang saja kuman akan mati oleh proses pembakaran yang dilakukan dengan baik.

2. Marinasi Daging dengan Nanas dan Timun

Sebelum dibakar, untuk semakin menghilangkan bau prengus kamu bisa memanfaatkan parutan nanas dan juga mentimun. Marinasi daging kambing selama 30 menit dengan parutan bahan-bahan tersebut. Sate kambing juga bakalan lebih empuk lho.

Tips Mengolah Daging ala Pedagang Sate, Momen Idul Adha Dijamin Nampol. (Lazada.co.id)

 

3. Simpan di Lemari Pendingin

Sebenarnya memang tidak dianjurkan untuk menyimpan daging kambing terlalu lama di lemari pendingin. Tapi, kalau memang terpaksa harus menaruhnya, maka kamu harus menseset bagian lemak warna putih pada daging kambing. Lalu letakkan di lemari pendingin suhu minus satu sampai lima derajat celcius.

Jadi, sekarang sudah tahukan bagaimana cara mengolah daging kambing yang benar supaya saat diolah daging kambing terasa empuk dan tidak bau prengus. Kamu yang ingin mengolah daging kambing menjadi sate yang enak, maka jangan lupa untuk menambahkan bumbu istimewa. Bumbu sate bisa langsung kamu beli di sini.

Anda mungkin juga berminat