Jangan Disepelekan, Begini Akibatnya Jika Kamu Malas Ganti Oli Mesin Kendaraan

Beepdo.com, Jakarta Siapa yang masih suka menunda-nunda waktu untuk mengganti mesin motor kesayangannya? Katanya motor kesayangan, tapi kok nggak dirawat dengan baik plus nggak sayang sama diri sendiri juga. Oli motor itu memiliki peran yang sangat penting karena bermanfaat untuk melumasi komponen mesin motor, supaya minim gesekan.

Kira-kira apa yang bakalan terjadi kalau oli mesin jarang diganti? Banyak risiko yang akan ditimbulkan, yakni komponen mesin akan lebih cepat aus, sehingga akan berpengaruh ke yang lainnya, silinder bisa cepat baret, bearing kruk as mudah aus dan sebagainya. Oli mesin yang jarang diganti juga akan membuat tarikannya jadi loyo lho.

Jangan Disepelekan, Begini Akibatnya Jika Kamu Malas Ganti Oli Mesin Kendaraan. (Otomotif.kompas.com)

 

Kamu juga harus tahu kalau oli mesin yang jarang diganti akan membuat tarikan mesin jadi lebih berat sehingga dibutuhkan lebih banyak bahan bakar. Nggak heran kalau bensin kamu jadi sering habis. Alhasil kamu bakalan jadi lebih sering isi bensin dan malah boros diongkosnya donk. Beberapa hal ini juga bisa terjadi kalau kamu masih malas ganti oli mesin.

1. Harga Jual Rendah

Jika motor kamu jarang diganti olinya, jadi mesin sering rusak, maka jangan berharap kalau motor tersebut saat dijual akan mendapatkan harga yang tinggi.

2. Mesin Cepat Panas

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, oli yang jarang diganti akan berpengaruh terhadap kinerja mesin. Mesin menjadi lebih cepat panas karena seperti dipaksa untuk bekerja keras, padahal oli mesinnya sendiri sudah harus diganti.

3. Motor Tiba-tiba Mati Saat Digunakan

Buat kamu yang seringkali mengalami mogok, maka bisa jadi hal tersebut dikarenakan oli sudah habis dan mengalami panas yang berlebihan.

Jangan Disepelekan, Begini Akibatnya Jika Kamu Malas Ganti Oli Mesin Kendaraan. (Blibli.com)

 

Jangan sampai hanya karena kamu malas ganti oli mesin kerusakan motor kamu malah semakin parah. Padahal simple banget lho tips supaya motor awet, ya rutin ganti oli mesin. Beli oli mesinya sekarang di sini supaya motor kamu semakin awet.

Anda mungkin juga berminat