Tips Aman Pakai Earphone Agar Terhindar dari Gangguan Pendengaran

Beepdo.com, Jakarta Kamu suka mendengarkan musik dengan menggunakan earphone? Hati-hati penggunakan earphone yang terlalu sering menimbulkan risiko gangguan pada telinga. Hal tersebut bisa saja terjadi lantaran telinga kamu sudah tidak kuat lagi menanggung bebas suara keras yang dihasilkan oleh earphone yang kamu gunakan.

Harus diakui kalau sebagian orang mungkin hampir setiap hari menggunakan earphone, padahal sebenarnya penggunaan earphone juga ada Batasan waktu lho. Bukan hanya itu, beberapa handphone juga ada yangmelengkapi fitur pemberitahuan ketika kamu sudah terlalu keras mendengarkan musik.

 

Tapi, jangan khawatir karena sebenarnya ada beberapa tips yang bisa langsung kamu praktekan supaya menggunakan earphone dengan aman dan tidak merusak telinga. Di bawah ini penjelasan selengkapnya seperti dilansir dari Bobo.grid.id, Kamis (6/8/2020).

1. Atur Volumenya

Cobalah untuk mendengarkan music dengan volume setengah dari volume kebisingan lingkungan sekitar.

2. Waktu Aman Pemakaian Earphone

Waktu yang aman menggunakan earphone adalah 1,5 jam dalam satu kali sesi. Setelah itu istirahatkan kamu dari suara music yang kencang karena telinga juga butuh istirahat.

3. Volume Aman Maksimal 85 db

Kamu harus tahu kalau volume aman saat penggunaan earphone maksimal 85db. Sebagai informasi, suara yang mencapai lebih dari 105 desibel itu sudah dianggap sebagai polusi suara yang berbaha bagi pendengaran.

4. Jaga Kebersihan Earphone

Jangan hanya rutin menggunakannya saja, tetapi kamu juga harus rutin membersihkan earphone. Jangan sampai earphone kamu malah jadi tempat bersarangnya bakteri jahat lho.

5. Kebiasaan Berbagi Earphone

Siapa yang suka meminjamkan atau meminjam earphone teman? Bisa jadi kamu malah berbagi bakteri lho, maka dari itu sebaiknya hilangkan kebiasaan tersebut.

Jangan lupa juga untuk memilih earphone yang berkualitas karena earphone yang bagus memang sudah dirancang khusus untuk memberikan kenyamana maksimal pada telinga kamu. Ada earphone yang bagus yang bisa kamu beli di sini.

Anda mungkin juga berminat