Hari Kesehatan Mental Sedunia di Tengah Pandemi Virus Corona

0

Beepdo.com, Jakarta Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada Sabtu, 10 Oktober 2020 memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Saat ini peringatan Hari Kesehatan Mental Sedunia datang di tengah pandemi virus Corona yang menyerang seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dampak akan hadirnya Corona tentu saja mengenai semua orang, banyak orang yang kehilangan pekerjaannya, belum lagi kini masyarakat juga harus ekstra hati-hati ketika berada di luar rumah. Di Hari Kesehatan Mental Sedunia kali ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun menyoroti hal tersebut.

Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah kesempatan bagi dunia untuk berkumpul dan mulai memperbaiki pengabaian kesehatan mental. “Kami sudah melihat konsekuensi pandemi Covid-19 pada kesejahteraan mental masyarakat, dan ini baru permulaan,” ungkap Tedros dalam rilis yang dikeluarkan oleh WHO.

Hari Kesehatan Mental Sedunia di Tengah Pandemi Virus Corona
Hari Kesehatan Mental Sedunia di Tengah Pandemi Virus Corona. (timesnownews.com)

 

“Kecuali jika kita membuat komitmen serius untuk meningkatkan investasi dalam kesehatan mental saat ini, konsekuensi kesehatan, sosial dan ekonomi yang berdampak luas,” tambah Tedros. Di tengah pandemic virus Corona yang terjadi sekarang ini, kampanye Hari Kesehatan Mental Sedunia menawarkan peluang secara online untuk melakukan sesuatu yang menguatkan hidup, bagi orang-orang yang hidup dengan gangguan mental.

Kali ini tema yang diangkat oleh WHO untuk memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah meningkatkan investasi dalam kesehatan mental. Selama pandemi banyak orang harus beradaptasi dengan berbagai hal yang terjadi, mulai dari bekerja dari rumah, belajar secara online, untuk itu diharapkan banyak orang yang menyadari betapa pentingnya meningkatkan investasi dalam kesehatan mental.