Happy No Bra day, Apa Sih Itu?

0

Beepdo.com, Jakarta “Happy No Bra Day”, kini sosial media tengah diramaikan dengan ucapan tersebut. Sebenarnya apa sih Hari Tanpa Bra (No Bra Day?  Hari Tanpa Beha ini jatuh tepat di tengah bulan Kesadaran Kanker Payudara, tepatnya pada 13 Oktober. Lalu sebenarnya apa tujuan dari peringatan Hari Tanpa Bra Ini?

Hari Tanpa Bra bertujuan untuk membantu mengingatkan orang-orang di luar sana bahwa penyakit kanker payudara adalah penyakit yang bisa berakibat fatal, namun kehadiran kanker payudara juga dapat dicegah. Jadi, Hari Tanpa Bra adalah hari di mana orang-orang bisa melajar mengenali tanda-tanda peringatan dini untuk berperang melawan kanker.

Kapan Hari Tanpa Bra ini bermula memang tidak dipastikan, beberapa negara awalnya melakukan kampanye di tanggal yang berbeda. Namun akhirnya dipilihlah 13 Oktober sebagai Hari Tanpa Bra yang memang berdekatan dengan Bulan Kesadaran Kanker Payudara Nasional. Masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat menggunakan tagar #NoBraDay atau #FreetheTatas.

Happy No Bra day, Apa Sih Itu?
Happy No Bra day, Apa Sih Itu? (jbklutse.com)

 

Memang tidak ada hubungannya antara mengenakan bra dengan kanker payudara, tapi banyak orang yang menganggap No Bra Day sah-sah saja dilakukan untuk meningkatkan kepedulian terhadap bahaya kanker payudara. Meskipun pada awal mulanya banyak kontroversi terkait peringatan No Bra Day ini.

Masyarakat yang kontra terhadap kampanye No Bra Day melihat tagar #NoBraDay di media sosial lebih banyak mempertontonkan wanita bertelanjang dada dibandingkan dengan pesan yang sebenarnya ingin disampaikan, yakni melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara. Jadi, apakah kamu sudah melakukan deteksi dini kanker payudara?