Jenis-jenis Gunting Rambut Beserta Fungsinya, Hairstylist Wajib Tahu

0

Beepdo.com, Jakarta Apakah kamu bermimpi menjadi penata rambut atau hairstylist profesional? Mimpimu itu nggak lagi hanya sekadar mimpi karena kamu juga bisa mewujudkannya. Harus diakui bahwa kini peluang karier menjadi hairstylist semakin banyak, apalagi kalau kamu tinggal di kota-kota besar, banyak orang yang rela mengeluarkan budget lebih hanya untuk mendapatkan potongan rambut yang oke.

Selain mengasah keahlian terus menerus, maka sebagai seorang hairstylist profesional kamu juga perlu melengkapi dirimu dengan “senjata canggih” supaya hasil guntingan rambut kamu pun semakin sempurna. Tak hanya itu, kamu juga harus mengetahui jenis-jenis gunting yang akan kamu pakai. Untuk itu simak artikel lengkapnya di bawah ini yuk, seperti dilansir dari Highlight.id, Rabu (14/10/2020).

1. Gunting Standard

Jenis-jenis Gunting Rambut Beserta Fungsinya, Hairstylist Wajib Tahu
Jenis-jenis Gunting Rambut Beserta Fungsinya, Hairstylist Wajib Tahu. (norwaytoday.info)

 

Gunting standard ini adalah gunting yang paling banyak digunakan oleh para hairstylist. Seperti namanya, gunting ini memang didesain dengan model standard sama seperti gunting pada umumnya. Bedanya adalah gunting rambut memiliki mata gunting yang khusus yang dirancang sangat tajam.

2. Gunting Penipis (Hair Thinning Shears)

Gunting penipis memiliki fungsi untuk menipiskan rambut yang tebal tanpa harus mengurangi panjang dari rambut itu sendiri. Gunting yang satu ini hanya dapat digunakan pada rambut yang sudah kering.

3. Clipper

Kalau alat yang satu ini sih memang sering ditemukan di barber shop. Kegunaannya adalah untuk memangkas rambut yang pendek atau bisa dikatakan sangat pendek seperti potongan anggota militer.

4. Pisau Cukur (Razor)

Jenis-jenis Gunting Rambut Beserta Fungsinya, Hairstylist Wajib Tahu
Jenis-jenis Gunting Rambut Beserta Fungsinya, Hairstylist Wajib Tahu. (Themanual.com)

 

Ketika menggunakan razor, maka rambut harus dalam keadaan basah supaya razor dapat menggunting atau mengiris rambut dengan tepat. Sebelum menggunakannya, kamu harus terlebih dahulu mengecek ketajaman pisau karena mata pisau yang ingin digunakan haruslah tajam.

Buat kamu yang ingin menjadi penata rambut atau hairstylist profesional, jangan lupa untuk mempelajari jenis-jenis gunting dan fungsinya. Kalau kamu sudah tahu, maka kamu bisa menggunakannya dengan tepat dan menghasilkan guntingan yang bagus yang akan memuaskan pelanggan.

Jadi, seorang hairstylist wajib memiliki semua benda di atas agar hasil kerjanya maksimal. Untungnya, semua bisa didapatkan dengan mudah dan lengkap di sini.

Anda mungkin juga berminat