Sergei Eisenstein Jadi Google Doodle Hari Ini

0

Beepdo.com, Jakarta Kamu yang suka sekali dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan film pasti sudah kenal sama pria yang dijuluki sebagai Bapak Montase yang satu ini, Sergei Eisenstein. Dialah pria yang menemukan teknik pengeditan yang digunakan untuk menggambarkan kisah dalam rentang waktu tertentu, dengan durasi yang singkat.

Teknik pengeditan tersebut dinamakan sebagai montase. Lahir tepat 120 tahun lalu, yakni pada 22 Januari 1898 di Uni Soviet, Eisenstein adalah sutradara film yang aktif di dekade-dekade awal abad ke -20. Film-film keren yang pernah disutradarai olehnya antara lain Batleship Potemkin, Strike, dan The General Line.

“Film-filmnya (Eisenstein) juga revolusioner dalam hal lain, yakni dia kerap menggambarkan perjuangan para pekerja melawan kelas penguasa,” jelas Google dalam keterangan di laman doodle.

Sergei Eisenstein Jadi Google Doodle Hari Ini. (Foto: myartrl.blogspot.co.id)

 

Tak hanya di dunia film, karya-karya Eisenstein juga bisa dilihat dalam tulisannya. Ada beberapa buku yang sudah pernah ia tulis, yaitu Film Form dan The Film Sense. Di buku-buku tersebut, Eisenstein mencoba untuk menjelaskan secara terperinci dan bagaimana cara membuatnya.

Tidaklah heran kalau hari ini Google membuat doodle spesial untuk mengenang Sergei Eisenstein. Eisenstein menghembuskan napas terakhirnya pada 11 Februari 1948 di Moskow karena serangan jantung.

Anda mungkin juga berminat