Sergei Eisenstein, Sang Bapak Montase Hiasi Google Doodle

0

Beepdo.com, Jakarta Senin, 22 Januari 2017, halaman utama Google menampilkan wajah barunya. Kali ini Google Doodle dibuat dengan menampilkan sesosok pria yang tengah sibuk dengan rol filmnya. Ternyata pria tersebut adalah Sergei Eisenstein, pria yang dijuluki sebagai Bapak Montase.

Buat kamu yang belum tahu, Montase dalam istilah perfilman adalah teknik mengedit potongan film tematik yang terpisah kemudian menggabungkannya ke dalam rangkaian yang tertata rapi. Dengan teknik tersebut, bagian dari gambar-gambar yang gerak dapat disusun dengan hati-hati oleh sutradara, editor film, dan teknisi visual dan suara. Merekalah yang nantinya menggunting dan menyesuaikan satu bagian dengan bagian yang lainnya.

Nah, Google Doodle tersebut dibuat untuk merayakan hari lahir Sergei Eisenstein yang ke-120 (23 Januari 1898 – 11 Februari 1948). Putra dari seorang insinyur sipil ini terkenal berkat karya-karyanya, seperti Battlleship Potemkin, Strike, dan October. Bukan hanya berkat teknik montase, Sergei juga dikenang berkat dua epos sejarah yang berjudul Alexander Nevsky dan Ivan the Terrible.

Sergei Eisenstein Jadi Google Doodle Hari Ini. Foto: YouTube.com)

 

Boleh dibilang, Sergei Eisenstein memang akrab sekali dengan dunia perfilman, tapi ternyata sebelum mengenal dunia film ia terlebih dahulu mengenyam studi arsitektur dan teknik di Petrograd Institute of Civil Engineering. Bakat arsitektur sendiri didapat dari ayahnya yang memang kebetulan adalah seorang arsitek, Mikhail Osipovich Eisenstein.

Anda mungkin juga berminat