Virginia Woolf, Tokoh Sastra Abad 20 Jadi Google Doodle Hari Ini

0

Beepdo.com, Jakarta Hari ini halaman utama situs pencarian Google menampilkan sosok seorang wanita menjadi Google Doodle-nya. Ternyata wanita tersebut adalah Virginia Woolf yang merupakan salah satu tokoh sastra modern abad ke-20.

Lahir di Kensington, Middlesex, Inggris pada 25 Januari 1882. Artinya jika masih hidup kini Virginia telah berumur 136 tahun. Untuk merayakan kelahiran wanita pemilik nama asli Adeline Virginia Stephen tersebut Google membuat doodle yang sangat cantik.

Disekeliling foto Virginia yang digambarkan dengan rambut dikuncirnya itu tengah melihat ke arah samping. Disekeliling fotonya juga ditaburi dedaunan melingkar dan menyatu dengan tulisan Google.

Virginia dikenal sebagai pelopor penggunaan teknik penulisan “stream of consciousness” sebagai narasi novel-novelnya, beberapa karya Virginia yang sangat terkenal, yakni Mrs. Dalloway (1925), To The Light House (1927) dan A Room of One’s Own (1929).

Virginia Woolf (1882 – 1941) Jadi Google Doodle Hari Ini. (Photo by Central Press/Getty Images)

 

Lahir dari keluarga terpelajar pasangan Julia Duckworth Stephen dan Sir Leslie Stephen, ternyata kehidupan Virginia tak selamanya bahagia. Kematian orang-orang tercinta, seperti sang ibu, lalu disusul adik dan juga ayahnya membuat Virginia depresi. Bahkan ia sempat dimasukkan ke rumah sakit jiwa.

Depresi yang dialami oleh Virginia Woolf semakin parah ketika Perang Dunia II. Karena tak bisa mengatasi depresinya, 28 Maret 1941, Virginia mengakhiri hidupnya di Sungai Ouse. Kepolisian setempat baru menemukan mayat Virginia Wolf tiga minggu kemudian.

Anda mungkin juga berminat