Gempa Guncang Jakarta, Tagar #Gempa Nomor Satu di Worldwide Trends Twitter

0

Beepdo.com, Jakarta Gempa bumi terasa di sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya. Guncangan tersebut terjadi pada pukul 19.05, Jumat (2/8/2019). Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan bahwa kekuatan gempa Banten adalah M 6,9—sebelumnya gempa disebutkan berkekuatan magnitude (M) 7,4.

“Hasil Analisa BMKG, gempa berkekuatan M 7,4 yang selanjutnya dimutakhirkan menjadi berkekuatan M 6,9,” jelas Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam jumpa pers di kantor BMKG, Jl Angkasa, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019). Menurut Dwikorita kedalaman pusat gempa 48 km. Lama getaran gempa yang dirasakan warga Jakarta sendiri kisaran 5 hingga 20 detik.

Tentu saja kepanikan sempat menghampiri warga Ibu Kota Jakarta, terlihat dari banyaknya postingan yang memperlihatkan situasi saat gempa. Tak hanya foto dan video saat gempa berlangsung, masyarakat dunia maya juga memebuhi tagar #gempa dengan doa dan memberikan semangat kepada masyarakat Banten dan sekitarnya.

#1

 

#2

 

#3

 

#4

 

#5

 

#6

 

#7

 

Di Twitter, tagar #gempa berada diurutan nomor satu dalam Worldwide Trends. Diposisi kedua ada Stay dan juga Banten. Gempa Banten yang terjadi pada Jumat (2/8/2019) malam, terjadi akibat pergerakan lempeng Indo-Australia. “Gempa dangkal akibat deformasi batuan di dalam lempeng Indo-Australia.

Anda mungkin juga berminat