Masih Banyak yang Salah, Begini Cara Menggunakan Masker yang Benar

Beepdo.com, Jakarta Di tengah pandemi virus corona Covid-19, masker menjadi salah satu barang yang langka. Kalaupun ada pasti harganya sangat mahal dan biasanya pembelian pun dibatasi. Masker memang menjadi barang yang paling dibutuhkan untuk orang yang sakit, apalagi mereka yang sedang terkena flu dan batuk.

Supaya tidak menularkan ke orang lain, maka mereka yang merasa sedang flu ataupun batuk diharapkan menggunakan masker. Permasalahan tidak hanya seputar soal harga masker yang mahal ataupun masker yang kini jumlahnya sangat terbatas di pasaran. Tetapi juga permasalahan beredarnya masker palsu di luaran sana.

Lalu bagaimana sebenarnya cara membedakan masker asli dan masker palsu? Dilansir dari Gaya.tempo.co, Kamis (19/3/2020), Ketua Perhimpunan Dokter Emergensi Indonesia, Moh. Adhib Khumaidi memberikan penjelasannya. “Kalau masker palsu, dia tidak memiliki filter molekul. Itu sama saja kita hanya menahan udara. Seharusnya fungsi aslinya menahan molekul yang berterbangan di sekitar sehingga tidak tertular penyakit,” jelas Moh. Adib Khumaidi.

Adib pun menghimbau agar masyarakat membeli masker dengan dua warna yang berbeda, misalnya biru dan putih atau hijau dan putih. “Jadi yang ada warna hijau depannya dan yang dalamnya warna putih itu menunjukan ada lapisan penyaring untuk molekul besar seperti virus dan bakteri. Kalau bisa yang beda warna,” jelas Adib.

Lalu bagaimana dengan cara menggunakan masker yang tepat? Meskipun terlihat mudah, tapi sebenarnya masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam penggunaan masker. Nah, supaya nggak salah, kamu bisa melihat tutorial penggunaan masker dalam video Beepdo.com di bawah ini ya…

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...