Akhirnya Presiden Jokowi Pilih Tes Corona Massal

Beepdo.com, Jakarta Virus pandemi Covid-19 kini masih menjadi perhatian masyarakat dunia, termasuk Indonesia. Di Tanah Air sendiri diketahui sudah ada 227 kasus. Untuk mencegah meluasnya penyebaran, pemerintah pun telah mengambil beberapa kebijakan, salah satunya adalah belajar dan bekerja di rumah.

Dan yang terbaru Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya mengambil sebuah kebijakan baru. Ia meminta jajarannya untuk segera melakukan rapid tes dengan cakupan yang lebih besar sebagai langkah untuk mendeteksi dini masyarakat Indonesia yang kemungkinan telah terpapar virus corona Covid-19.

Dilansir dari CNBCIndonesia.com, Jumat (20/3/2020), Jokowi memerintahkan adanya tes corona massal tersebut kala memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan laporan tim Gugus Tugas Covid-19 melalui video conference di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidennan, Jakarta.

“Segera lakukan rapid tes, tes cepat dengan cakupan yang lebih besar agar deteksi dini, kemungkinan awal seorang terpapar Covid-19 bisa kita lakukan,” tegas Jokowi, Kamis (19/3/2020). Presiden Jokowi juga meminta supaya jajarannya untuk segera menyiapkan alat tes diperbanyak.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta agar turut melibatkan rumah sakit pemerintah seperti BUMN, Pemda serta RS TNI/Polri. “Ini penting sekali. Terkait dengan hasil rapid test ini apakah karantina mandiri, self isolation, ataupun memerlukan layanan rumah sakit. Protokol kesehatan lebih jelas,” ungkap Jokowi.

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...