Biodata Olga Syahputra: Komedian yang Tidak Akan Pernah Terlupakan

Beepdo.com, Jakarta Masyarakat Indonesia pastinya tidak akan pernah lupa hari di mana ketika keluarga Olga Syahputra menginformasikan jika orang yang mereka cintai telah tutup usia. Olga Syahputra menghembuskan napas terakhirnya pada 27 Maret 2015 di Singapura. Bukan cuma keluarga, tentu saja teman-teman dan juga penggemar Olga turut berduka.

Pria kelahiran 8 Februari 1982 tersebut meniti kariernya di Sanggar Ananda yang bernama Lenong Bocah. Saat itu berbagai peran ia lakoni, termasuk juga menjadi asisten penyanyi dangdut Rita Sugiarto. Awalnya Olga memang hanya gemar mengumpulkan tanda tangan artis, tapi ternyata serial komedi “Lenong Bocah” (2003) membuat perjalanan hidupnya berubah.

Tentunya tak semudah itu perjalanan karier Olga Syahputra, karena sebelum bermain di Lenong Bocah ia pun harus mengikuti training yang membutuhkan biaya. Padahal saat itu Olga bukanlah dari keluarga yang berada, jadi ia pun harus memutar otak dan bekerja keras mengumpulkan uang. Olga pernah menjual barang elektroniknya hanya untuk bisa mengikuti latihan.

 

Setelah Lenong Bocah, Olga pun mendapatkan beberapa peran kecil di sinetron, seperti Senandung Masa Puber (2003), Si Yoyo (2003) dan Kawin Gantung (2004). Nama Olga baru melejit ketika dirinya menjadi co-host di variety show Ceriwis (2007), bersama dengan presenter senior Indy Barends dan Indra Bekti.

Namun tentu saja karier di dunia entertainment semakin melejit ketika ia menjadi presenter acara musik Dahsyat (2008) bersama dengan Raffi Ahmad dan Luna Maya. Setidaknya empat tahun Olga bergabung dengan Dahsyat hingga akhirnya ia harus perlahan-lahan megurangi aktivitasnya lantaran harus berobat ke Singapura.

Kelucuan Olga yang tidak dibuat-buat, apalagi gayanya yang ceplas-ceplos membuat Olga memiliki banyak penggemar. Nggak heran juga kalau selama berkarier di dunia hiburan Olga berhasil membawa pulang beberapapiala, seperti Presenter Musik Variety Show Terfavorit dan Pelawak Terfavorit di ajang Panasonic Awards 2009.

Melansir dari Wikipedia, berikut daftar film, sinetron dan sejumlah acara yang melibatkan Olga Syahputra:

Film
Tina Toon dan Lenong Bocah The Movie (2004)
Susahnya Jadi Perawan (2008)
Mau Lagi? (2008)
Basahhh… (2008)
Cintaku Selamanya (2008)
Mas Suka, Masukin Aja-Besar Kecil I’ts Okay (2008)
Pacar Hantu Perawan (2011)
Kung Fu Pocong Perawan (2012)
Taman Lawang (2013)
Olga & Billy Lost in Singapore (2014)

Sinetron
Senandung Masa Puber
Kawin Gantung
Si Yoyo
Doo Bee Doo
Tarzan Cilik
Mister Olga
Mengejar Cinta Olga

Acara komedi
Jangan Cium Gue
Extravaganza ABG
New Prime Time
Saatnya Kita Sahur (sebagai bintang tamu)
Opera Van Java
OKB
Seger Bener
Sinden Gosip
Wayang On Stage
Pesbukers
Yuk Kita Sahur
Campur-Campur (hanya tampil di segmen 1)
Yuk Keep Smile

Acara varietas
Ngidam
Ceriwis
Akhirnya Datang Juga
!nsert (2004-2008)
Gong Show
Dahsyat
Dangdut Never Dies
OMG
Online
Piala Dunia Tawa
Apa Ini Apa Itu
Tarung Dangdut
Target Operasi
Chit Chat Cuzz
Catatan si Olga
Korslet

Selain suka melucu, Olga Syahputra juga dikenal sebagai artis yang suka membantu, baik temannya ataupun orang-orang yang bahkan baru ditemuinya. Salah satu sahabat Olga Syahputra semasa hidup Raffi Ahmad pun mengaku tidak akan pernah lupa dengan Olga.

 

“Dulu gue sama almarhum Olga, hanya gue dan dia yang waktu itu nginjek semua TV. Sampai akhirnya warisan almarhum Olga ke gue itu semua TV itu, karena Olga maunya sama Raffi, kalau nggak ada Raffi nggak mau,” ungkap Raffi Ahmad saat mengenang Olga Syahputra.

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...