5 Masjid yang Selalu Jadi Perhatian Saat Ramadan Tiba

Beepdo.com, Jakarta Di tengah pandemi Corona yang terjadi sekarang ini, umat Muslim di seluruh dunia akan merayakan Ramadan. Di media sosial sendiri sudah banyak netizen yang mencurahkan isi hatinya lantaran bulan puasa tahun ini pastinya akan berbeda dengan bulan puasa tahun-tahun sebelumnya.

Seperti yang sudah kamu ketahui beberapa minggu terakhir pemerintah memberikan himbauan agar kegiatan keagamaan, seperti salat berjamaah atau salat Jumat tidak dilaksanakan di masjid. Yang terbaru pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk selalu berada di rumah selama Ramadan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kegiatan salat Tarawih dan tilawah Al-Quran juga dianjurkan dilaksanakan secara individual atas berjamaan bersama keluarga inti di rumah. Rindu salat berjamah di masjid? Kita memang harus mengerti akan situasi sekarang ini. Kalau kamu kangen masjid, silahkan simak beberapa masjid yang selalu jadi pusat perhatian di bawah ini.

  1. Masjid Istiqlal
Masjid yang Selalu Jadi Perhatian Saat Ramadan Tiba. (Jawapos.com)

 

Inilah masjid terbesar di Asia Tenggara. Masjid ini juga menjadi symbol toleransi antaragama karena lokasinya yang berseberangan dengan Gereja Katedral. Memiliki luas 9,5 hektar, total waktu yang dibutuhkan untuk membangun Masjid Istiqlal adalah sekitar 17 tahun.

  1. Masjid Sunda Kelapa
Masjid yang Selalu Jadi Perhatian Saat Ramadan Tiba. (Hidayatullah.com)

 

Tak perlu menunggu Ramadan, masjid yang terletak di menteng, Jakarta Pusat ini juga memang sangat ramai dikunjungi saat hari biasa. tapi, memang saat Ramadan keadaan masjid ini lebih ramai dari biasanya. Di luar masjid juga banyak pedagang yang menjual berbagai kebutuhan ibadah ataupun makanan untuk berbuka puasa.

  1. Masjid Jogokariyan
Masjid yang Selalu Jadi Perhatian Saat Ramadan Tiba. (travel.kompas.com)

 

Setiap bulan Ramadan, masjid ini akan terlihat lebih ramai dari biasanya. Bagaimana tidak, selama bulan puasa, setiap harinya masjid ini setidaknya menyediakan 3.000 prsi hidangan untuk buka puasa. Di sini juga ada Kampoeng Ramadhan yang dipenuhi dengan para pedagang.

  1. Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai)
Masjid yang Selalu Jadi Perhatian Saat Ramadan Tiba. (Wargajabar.com)

 

Terletak di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, masjid ini memiliki kapasitas 6 ribu Jemaah. Setiap bulan Ramadan, masjid ini biasanya menyediakan hidangan takjil sebanyak 1000 porsi.

  1. Masjid Cheng Ho
Masjid yang Selalu Jadi Perhatian Saat Ramadan Tiba. (Wego.co.id)

 

Masjid yang terletak di Ketabang Genteng, Surabaya ini memang selalu menarik perhatian. Bangunannya sendiri merupakan perpaduan arsitektur antara kebudayaan Arab dan Tiongkok.

Itulah 5 masjid yang biasanya jadi pusat perhatian ketika Ramadan tiba. Tentunya Ramadan tahun ini beberapa kegiatan yang biasanya ada di masjid tersebut ditiadakan demi mencegah penyebaran virus Corona, Covid-19.

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...