Pandemi COVID-19, Begini Hukum Itikaf dan Niat Salat Idul Fitri di Rumah

0

Beepdo.com – Pandemi COVID-19 yang berlangsung saat ini memang memberikan banyak batasan bagi semua orang, termasuk dalam hal ibadah. Lalu bagaimana cara melakukan itikaf serta niat salat idul fitri di hari kemenangan nanti?

Tentang itikaf (berdiam di masjid), ibadah yang satu ini memang sangat disarankan dilakukan di 10 hari terakhir Ramadan demi memperoleh Lailatul Qadar. Bagi wanita, ibadah ini boleh dilakukan di rumah, sedangkan laki-laki sangat dianjurkan melakukannya di masjid.

Itikaf (Tirto)

Meski demikian, sebagaimana diungkapkan oleh M. Ali Zainal Abidin dalam artikel I’tikaf di Rumah Selama Ramadhan, Bolehkah?”, yang diunggah di situs web NU Online, itikaf boleh dilakukan di rumah baiik bagi laki-laki maupun perempuan. Hal yang senada juga diungkapkan oleh Fuad Zein, anggota fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

“Dalam kondisi masjid tidak bisa digunakan, (iktikaf) bisa dilakukan di rumah. Tempatnya bisa di areal tempat biasa salat yang terjaga kebersihannya dari najis. Semua amalan iktikaf dari tadarus, kajian-kajian agama, membaca buku, zikir, salat sunah, bisa kita lakukan di rumah tanpa harus kehilangan momentum,” ungkapnya.

Untuk salat idul fitri, jika kondisi masih tidak memungkinkan, MUI sudah memberikan fatwa bahwa salat ini bisa dikerjakan di rumah, baik secara berjamaah dengan keluarga maupun munfarid (sendirian). Adapun niat salatnya adalah “Ushalli sunnatan li ‘Idil Fitri rak’ataini lillahi ta’ala.”

Demikian penjelasan tentang hukum itikaf dan niat salat idul fitri di rumah selama pandemi corona. Intinya, dalam kondisi tidak memungkinkan, banyak pemuka agama memperbolehkan menjalankannya di rumah. Semoga saja kondisi COVID-19 ini segera berakhir dan kita segera beraktivitas normal.

Anda mungkin juga berminat