Kronologi Penangkapan Habib Bahar bin Smith, Diringkus Lagi 3 Hari Pasca Bebas

Beepdo.com – Nama Habib Bahar bin Smith kini memang sedang jadi perbincangan. Bagaimana tidak, pria 34 tahun ini kembali diringkus polisi tak lama setelah dibebaskan dari penjara pada 16 Mei 2020 lalu.

Dilansir dari Tribunnews, pria yang dikenal sebagai Pemimpin Majelis Pembela Rasulullah ini ditangkap pada Selasa (19/5). Dia dijemput di rumahnya pada pukul 02.00 WIB dini hari, dan langsung dibawa ke LP Gunung Sindur Bogor.

Habib Bahar bin Smith via Tribunnews

Habib Bahar ditangkap kembali lantaran dianggap melanggar aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Pasalnya beberapa waktu sebelumnya dia sempat mengumpulkan massa dalam jumlah besar dan menyampaikan ceramah yang dianggap provokatif.

Ceramah yang disampaikan dianggap menyebarkan permusuhan dan kebencian terhadap pemerintah. Hal itu terungkap lewat video ceramah yang beredar di dunia maya tak lama sebelum dia ditangkap.

Padahal sebelumnya, Habib Bahar adalah salah satu tahanan yang dibebaskan berkat program asimilasi. Karena kejadian ini, dia dianggap melanggar syarat khusus program tersebut sehingga dicabut haknya untuk bebas.

Habib Bahar bin Smith via Detik

“Yang bersangkutan dikembalikan ke Lapas, setelah program asimilasinya dicabut, karena melanggar ketentuan asimilasi,” demikian ungkap epala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Abdul Aris, dilansir dari Kompas.

Sebelumnya, Habib Bahar bin Smith dinyatakan bersalah dalam kasus penganiayaan terhadap remaja. Mereka disebut telah dipukuli hingga babak belur atas perintah dari Habib Bahar. Meski demikian, saat ditangkap, dia sempat mengaku sedang mengajarkan bela diri.

Komentar
Loading...