Video: Betrand Peto Nyanyikan Sewu Kuto Didi Kempot, Menurut Bens Leo Unik dan Jadi Ciri Khas

0

Beepdo.com – Mendengar Betrand Peto menyanyikan lagu Sewu Kuto yang dipopulerkan Didi Kempot, pengamat musik Bens Leo agak tertegun. Lalu kemudian ia sadar ini yang menyanyikan bukan orang Jawa. Dia pun mengungkapkan keunikan karakter Betrand saat menyanyikannya.

“Pasti unik lah, Betrand ini kan asalnya dari NTT, artikulasinya jadi unik sekali karena dia tidak bisa melafalkan lagu bahasa Jawa dengan benar. Kebetulan saya orang Jawa jadi saya tahu Sewu Kuto itu seperti apa ya. Kan ada kalimat-kalimat Jawa yang secara artikulasi harusnya lebih bagus,” ungkapnya.

Betrand Peto dan Ruben Onsu (Beepdo.com)

“Tapi dalam sejarah industri musik justru keunikan karena artikulasi tidak tepat, artinya pengucapan yang tak tepat, pada akhirnya menjadikan lagu itu unik. Betrand memiliki kelebihan di situ lho justru dan membawakan Sewu Kuto ini dalam lafal bahasa Jawa dengan artikulasi unik,” lanjutnya.

Di balik keunikan ini ia teringat penyanyi Malaysia Sheila Majid yang juga demikian. Pada tahun 1987, dia sempat menyanyikan lagu Indonesia dengan style-nya sendiri. Hal ini, kata Bens, juga bisa jadi ciri khas dari lagu yang dinyanyikan Betrand Peto.

Bens Leo komentari Betrand Peto (Beepdo.com)

“Ini mengingatkan saya pada Sehila Majid. Pada tahun 1987 dia membawakan lagu-lagu dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Melayu, misalnya Sinaran, Anyer Jakarta, dengan style dia yang Melayu. Jadi ga ada masalah,” ungkapnya

“Cuma lagu ini akan menarik apabila temponya lebih cepat karena bisa dibawa nari,” lanjut Bens Leo tentang cover lagu Sewu Kuto milik Didi Kempot yang dibawakan Betrand Peto.

Anda mungkin juga berminat