Cafe Code: Ini Rambu-rambu Membuat Konten agar Tak Melanggar Hukum dan Norma Sosial

Beepdo.com – Dunia maya yang makin berkembang membuat muncul banyak konten kreator yang mengisi laman-laman media sosial seperti Facebook, Youtube, Instgaram dan sebagainya. Para konten kreator ini terkadang lupa dengan rambu-rambu sosial dan rambu hukum. Hal ini akan jadi fokus Cafe Code bersama praktisi hukum Heribertus S Hartojo, SH, MH.

Memang, banyak kreator yang tak sadar kalau konten yang kemudian di sebarkan itu bisa membuat luka hati banyak orang. Pertanyaan yang mendasar saat ini adalah bagaimana membuat konten namun tak melanggar hukum. Inilah yang kita bahas dalam Cafe Code kali ini bersama praktisi hukum Heribertus S Hartojo, SH, MH.

Cafe Code (Beepdo.com)

“Teknologi memang tak bisa dibendung. Banyak dampak positif yang kita dapatkan, tapi di balik itu juga ada dampak negatif yang mengancam dan kita terima. Di sinilah peran kita untuk selalu mengingatkan tentang adanya rambu-rambu di dunia teknologi dan medsos ini,” ungkap Heribertus S Hartojo.

Nyatanya, walaupun aturan baku tentang pembuatan konten telah diberlakukan, namun pelanggaran masih terjadi di mana-mana. Menurut laporan, saat ini angka pelanggaran justru semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Cafe Code (Beepdo.com)

“Walaupun banyak pembahasan tentang Undang-Undang IT ini, tetap banyak juga pelanggaran. Saya juga mendapat informasi bahwa pelanggaran makin meningkat. Terutama lebih banyak tentang ujaran kebencian, pencemaran nama baik, dan hoax,” ungkapnya.

“Memang kalangan milenial yang menurut saya orang kreatif sekali apalagi di dunia IT membuat banyak sekali konten menarik. Hanya saja yang kita sayangkan ketika sedang bersemangat, dia mungkin lupa bahwa ada rambu-rambu tanggung jawab yang harusnya dijaga,” lanjutnya. Lalu bagaimana caranya agar konten kita aman dan tak berisiko melanggar norma? Simak video lengkap Cafe Code kali ini bersama praktisi hukum Heribertus S Hartojo, SH, MH.

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...