papua – Smartphone Digital Infotainment – Beepdo.com https://www.beepdo.com Every Beep Do Something Sun, 29 Sep 2019 01:18:06 +0000 id-ID hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.8 https://assets.beepdo.com/wp-content/uploads/2017/12/30154125/favicon-iPad-Retina.png papua – Smartphone Digital Infotainment – Beepdo.com https://www.beepdo.com 32 32 Ini Dia Tiga Destinasi Cantik yang Ada di Wamena https://www.beepdo.com/68514/ini-dia-tiga-destinasi-cantik-yang-ada-di-wamena https://www.beepdo.com/68514/ini-dia-tiga-destinasi-cantik-yang-ada-di-wamena#respond Sun, 29 Sep 2019 11:24:22 +0000 https://www.beepdo.com/?p=68514

Banyak tempat-tempat indah yang ada di Wamena dan beberapa diantaranya adalah destinasi cantik ini.

Ini Dia Tiga Destinasi Cantik yang Ada di Wamena

]]>

Beepdo.com, Jakarta Wamena, Papua, perah berpikir untuk liburan ke sana? Pasti yang ada dipikiran kamu adalah bagaimana caranya untuk mengumpulkan uang buat pergi liburan ke Raja Ampat yang ada di Papua. Tapi, Papua tidak hanya memiliki Raja Ampat saja lho, banyak tempat yang bisa kamu datangi.

Salah satu destinasi cantik di Papua yang wajib kamu datangi adalah Wamena yang berada di wilayah Kabupaten Jayawijaya, Papua. Kamu yang liburan Natal atau akhir Tahun Baru belum tahu mau ke mana, maka bisa menentukan tujuan kamu ke Wamena dan menikmati pemandangan indah khas Papua yang memanjakan mata.

  1. Telaga Biru

View this post on Instagram

Telaga Biru #wamena #papua #telagabiruwamena

A post shared by Ryan Hatuala (@ryanhatuala) on

 

Jangan berpikir untuk berenang di Telaga Biru dengan air yang sangat indah ini karena tempat wisata yang satu ini memang disakralkan oleh penduduk setempat. Jadi, cukup kagumi saja sambil berfoto diberbagai spot yang pastinya sangat indah. Kalau mau ke sini kamu harus bersiap jalan kaki selama satu jam lebih ya.

  1. Pasir Putih Desa Aikima

Inilah salah satu spot unik yang ada di Papua buat kamu yang ingin feed Instagramnya semakin keren. Di sini kamu bisa melihat bukit penuh pasir putih yang sangat indah. Di tengah bukit juga ada berbatuan raksasa yang biasa dijadikan spot foto untuk para wisatawan.

  1. Lembah Baliem

 

Setiap Agustus, Lembah Baliem menjadi tuan rumah festival budaya tertua di Indonesia, yakni Festival Lembah Baliem. Tempat yang satu ini memang memiliki pemandangan yang indah. Kamu bisa melihat keindahan Pegunungan Jayawijawa, pas banget untuk bersantai dan mengagumi keindahan alam yang tersaji.

Itulah beberapa tempat wisata yang ada di Wamena, Papua. Tentunya masih ada banyak tempat wisata cantik lainnya yang bisa kamu kunjungi saat pergi ke Wamena, Papua.

Ini Dia Tiga Destinasi Cantik yang Ada di Wamena

]]>
https://www.beepdo.com/68514/ini-dia-tiga-destinasi-cantik-yang-ada-di-wamena/feed 0
Ini Deretan Restauran Enak yang Ada di Jayapura https://www.beepdo.com/64048/ini-deretan-restauran-enak-yang-ada-di-jayapura https://www.beepdo.com/64048/ini-deretan-restauran-enak-yang-ada-di-jayapura#respond Fri, 30 Aug 2019 10:40:27 +0000 https://www.beepdo.com/?p=64048

Kalau mampir ke Jayapura, maka sempatkan diri untuk mampir ke beberapa restaurant yang sudah sangat terkenal enak ini.

Ini Deretan Restauran Enak yang Ada di Jayapura

]]>

Beepdo.com, Jakarta Jayapura adalah ibu kota provinsi Papua yang terletak di paling timur di Indonesia. Menjadi kota masuk Papua, Jayapura memiliki keindahan khas panorama Papua yang akan membuat siapa pun langsung terpesona melihatnya. Banyak tempat wisata yang dapat dikunjungi jika kamu ingin pergi ke Jayapura.

Beberapa tempat wisata yang cantik di Jayapura, yakni Puncak Ifar, Danau Sentani, Teluk Youtefa, Pantai Base G, Pantai Yacoba dan Pantai Pasir 6. Keindahan alam kawasan Papua, termasuk Jayapura memang tidak diragukan lagi. Kamu yang suka berwisata jauh dari yang namanya kemacetan dan polusi udara, maka harus mampir ke Papua.

Tidak hanya menyuguhkan tempat wisata yang memiliki keindahan alam luar biasa, Papua, khususnya Jayapura juga memiliki kuliner yang sudah terkenal lantaran kenikmatannya. Pengin tahu restoran-restoran enak yang ada di Jayapura? Di bawah ini adalah deretan restoran yang terkenal enak di Jayapura, seperti dilansird dari Tripadvisor.com.

Ini Deretan Restauran Enak yang Ada di Jayapura. (Foto: westpapuaupdate.com)

 

  1. Rumah Laut Café dan Restoran
  2. Pit’s Corner
  3. Yougwa Restaurant
  4. Duta Café dan Lesehan Atas
  5. Restoran Sendok Garpu Jayapura
  6. B-One
  7. Pace TAN Kopi Tiam
  8. M Nusantara
  9. Dante Coffee
  10. Hawai Bakery

Itulah deretan restoran di Jayapura yang sudah terkenal enak. Temukan berbagai makanan khas Papua dan nikmati kelezatannya sambil mengagumi keindahan alam serta keramahan orang-orang Papua.

Ini Deretan Restauran Enak yang Ada di Jayapura

]]>
https://www.beepdo.com/64048/ini-deretan-restauran-enak-yang-ada-di-jayapura/feed 0
Video: Okan Cornelius Harap Kondisi di Papua Membaik https://www.beepdo.com/63094/video-okan-cornelius-harap-kondisi-di-papua-membaik https://www.beepdo.com/63094/video-okan-cornelius-harap-kondisi-di-papua-membaik#respond Sat, 24 Aug 2019 15:00:24 +0000 https://www.beepdo.com/?p=63094

Okan Cornelius harap kondisi di Papua membaik.

Video: Okan Cornelius Harap Kondisi di Papua Membaik

]]>

Beepdo.com – Kerusuhan yang terjadi di Papua beberapa hari yang lalu membuat artis Okan Cornelius prihatin. Meskipun tidak  memiliki darah Papua, namun Okan Cornelius ingin menyuarakan isi hatinya sebagai rakyat Indonesia.

Okan menyimpulkan bahwa kerusuhan besar-besaran yang terjadi di Papua akibat ulah dari oknum atau kelompok yang ingin melihat kondisi Papua tidak kondusif. “Ada yang sengaja membuat rusuh,”tutur Okan berikan komentar.

Okan mengikuti perkembangan kerusahan di Papua melalui media dan media sosial. Ia berharap kerusahan di Papua, tidak menyebar ke wilayah-wilayah lain di Indonesia. “Semoga masyarakat lain tidak terpancing membuat kerusuhan, berdampak ke wilayah lain,”papar Okan.

Sebab menurut Okan, banyak yang dirugikan ketika sebuah daerah mengalami kerusuhan. “Yang rugi banyak tidak hanya masyarakat Papua saja, tetapi banyak pihak,” ujar Okan.

Memang kerusuhan di Papua sudah mereda. Okan pun bersyukur suasana perlahan mulai kondusif. “Sekarang tinggal proses perbaikan, banyak yang harus diperbaiki dan membutuhkan uang yang besar,”papar Okan.

Okan Cornelius sendiri tahu awalnya kisruh yang terjadi di Papua bersumber dari kejadian di Surabaya, Jawa Timur. “Kalau tidak salah soal kesalahpahaman ada yang menurunkan bendera merah putih, bendera merah putih itu lambang NKRI,”pungkas Okan Cornelius.

 

 

 

 

Video: Okan Cornelius Harap Kondisi di Papua Membaik

]]>
https://www.beepdo.com/63094/video-okan-cornelius-harap-kondisi-di-papua-membaik/feed 0
Resep Papeda, Makanan Khas Papua yang Rasanya Unik https://www.beepdo.com/62695/resep-papeda-makanan-khas-papua-yang-rasanya-unik https://www.beepdo.com/62695/resep-papeda-makanan-khas-papua-yang-rasanya-unik#respond Wed, 21 Aug 2019 11:40:14 +0000 https://www.beepdo.com/?p=62695

Bisa dijadikan sebagai pengganti, inilah resep Papeda, makanan khas Papuayang memiliki rasa yang unik.

Resep Papeda, Makanan Khas Papua yang Rasanya Unik

]]>

Beepdo.com, Jakarta Papeda menjadi salah satu makanan dari Papua yang sangat popular. Terbuat dari sagu, makanan yang satu ini bisa dijadikan sebagai pengganti nasi. Buat yang petama kali mencobanya mungkin rasanya akan sedikit aneh ketika memakan Papeda dengan kuah sayur ikan atau berbagai makanan pelengkap lainnya.

Tapi semakin dimakan dan terus dimakana, ternyata Papeda rasanya enak juga lho. Nah, nggak perlu jauh-jauh ke Papua kalau ingin menikmati Papeda. Kamu juga bisa membuat Papeda sendiri di rumah. Cara membuat dan bahan-bahannya sangat mudah dicari kok. Yuk, simak resep selengkapnya di bawah ini.

Resep Papeda, Makanan Khas Papua yang Rasanya Unik. (jelajahgizi.id)

 

Bahan-bahan:

  • ¼ tepung sagu
  • 3 siung bawang putih
  • Kaldu ayam secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 4 gelas air

Cara membuat:

  1. Didihkan 4 gelas air.
  2. Bawang putih yang telah dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung sagu, garam dan kaldu ayam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  3. Tuang air yang sudah mendidih ke dalam adonan yang sudah dicampur tadi. Aduk hingga adonan mengental. Dan siap dinikmati.

Gampang banget kan membuat Papedanya? Kamu bisa memakannya dengan apap pun lauk kesukaan kamu. Untuk resep lainnya, kamu bisa lihat di Beepdo.com. Selamat memasak!

Resep Papeda, Makanan Khas Papua yang Rasanya Unik

]]>
https://www.beepdo.com/62695/resep-papeda-makanan-khas-papua-yang-rasanya-unik/feed 0
Ini Dia 3 Objek Wisata Keren yang Ada di Papua https://www.beepdo.com/62517/ini-dia-3-objek-wisata-keren-yang-ada-di-papua https://www.beepdo.com/62517/ini-dia-3-objek-wisata-keren-yang-ada-di-papua#respond Tue, 20 Aug 2019 01:30:12 +0000 https://www.beepdo.com/?p=62517

Buat kamu yang pengin liburan ke Papua, maka jangan lupa untuk berkunjung ke objek wisata ini ya.

Ini Dia 3 Objek Wisata Keren yang Ada di Papua

]]>

Beepdo.com, Jakarta Pastinya semua orang setuju kalau Papua adalah salah satu daerah di Indonesia yang memiliki keindahan alam luar biasa. kamu pengin terhindar dari yang namanya kemacetan atau bahkan polusi udara, maka cobalah untuk melarikan diri sejenak ke tanah di timur Indonesia itu.

Karena memiliki keindahan alam yang luar biasa, maka sudah pasti juga Papua memiliki objek wisata yang keren buat didatengin. Kamu yang lagi merencanakan liburan akhir tahun, maka bisa banget nih memilih Papua sebagai destinasi selanjutnya. Nggak cuma objek wisatanya yang indah, orangnya yang ramah-ramah pun bakala membuat kamu betah.

  1. Air Terjun Wafsarak

 

Buat yang suka bermain air terjun, maka tempat yang satu ini pas banget kalau kamu datengin. Berada di Jalan Wari Moos Warsa, Biak, air terjun yang satu ini menyajikan pemandangan alam yang begitu indah, kamu pasti akan dibuat terpesona.

  1. Taman Nasional Lorentz

 

Inilah taman di Indonesia yang masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO. Menyuguhkan pemandangan alam yang cantik, Taman Nasional Lorentz ini adalah taman nasional yang terbesar di Asia tenggara.

  1. Danau Sentani

View this post on Instagram

yg di belakang saya itu adalah danau Sentani. Percaya nggak, kalau ternyata ada ikan hiu di danau sana. iya hiu, I lav hiu,..#halaahapaansiii . Ada Hiu di Danau Sentani, Papua, Indonesia. Danau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Panjang danau ini kurang lebih 30KM, memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terluas di Papua. Peneliti senior alumnus Universitas Udayana Bali, dari Balai Arkeologi Papua Hari Suroto mengemukakan bahwa pada masa lalu Danau Sentani merupakan bagian dari laut yang menjorok ke darat. "Bagian laut ini, sebelah utara berbatasan dengan Gunung Dafonsoro atau kini Cagar Alam Cycloops. Bagian laut ini terhubung oleh sungai dan mata air dari Cycloops," Pergerakan lapisan bumi itu kemudian membuat air Danau Sentani yang semula asin menjadi tawar. "Hiu yang merupakan ikan air asin kemudian beradaptasi dengan air danau dan air sungai atau sumber mata air tawar yang terhubung dengan Danau Sentani. Dalam perkembangannya hiu-hiu ini berubah menjadi ikan hiu air tawar," ujarnya. Menurut Hari, pernyataannya itu didukung oleh bukti-bukti arkeologi, seperti motif-motif ikan hiu di situs Megalitik Tutari dan gambar ikan hiu pada lukisan kulit kayu Suku Sentani yang tinggal di Pulau Asei. ngga percaya? coba deh nyemplung aja 😁 sumber : CNN Indonesia . 📷by. @abdfaiz . #danausentani #indonesia #papua #travelling #journey #landscape #photooftheday

A post shared by Adhin Abdul Hakim (@abdulhakimtop) on

 

Berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclops, Danau Sentani memiliki panorama yang menakjubkan. Feed Instagram kamu bakalan keren kalau ada foto kamu dengan latar belakang pemandangan danau yang setiap tahunnya menggelar acara Festival Danau Sentani ini.

Itulah beberapa objek wisata keren yang ada di Papua. Karena akhir tahun masih ada beberapa bulan lagi, jadi dari sekarang kamu bisa tuh mengumpulkan uang untuk bisa menikmati malam tahun baruan di Papua.

Ini Dia 3 Objek Wisata Keren yang Ada di Papua

]]>
https://www.beepdo.com/62517/ini-dia-3-objek-wisata-keren-yang-ada-di-papua/feed 0
Papeda, Makanan Mirip Lem yang Kaya Nutrisi https://www.beepdo.com/32474/papeda-makanan-mirip-lem-yang-kaya-nutrisi https://www.beepdo.com/32474/papeda-makanan-mirip-lem-yang-kaya-nutrisi#respond Thu, 12 Jul 2018 08:00:42 +0000 https://www.beepdo.com/?p=32474

Papeda, Makanan Mirip Lem yang Kaya Nutrisi

Papeda, Makanan Mirip Lem yang Kaya Nutrisi

]]>

Indonesia memang memiliki berbagai makanan unik di seluruh penjuru tanah air. Salah satu yang patut dicoba adalah Papeda, makanan khas Papua dan Maluku yang cukup melegenda.

Bagi yang belum tahu, papeda adalah bubur berbahan sagu yang memiliki tekstur mirip lem. Warnanya putih dan lengket, serta terasa tawar saat dimakan. Bubur ini biasa disajikan dengan ikan tongkol.

Papeda, Kuah Kuning, Ikan Tude Bakar 1

Walau teksturnya terlihat kurang familiar, namun papeda akan membuat siapapun ketagihan. Sagu yang lembu akan lumer di mulut dan terasa nyaman saat sampai ke lambung. Tidak heran jika makanan ini banyak dicari oleh mereka yang mengalami masalah lambung.

Papeda sendiri menjadi makanan utama di Papua karena banyaknya sagu yang ada di daerah tersebut. Selain menjadi makanan yang nikmat untuk disantap bersama ikan, papeda juga diketahui memiliki nilai gizi yang tinggi.

 

Papeda, Kuah Kuning, Ikan Tude Bakar 2

Dalam papeda, terdapat kandungan serat yang sangat melimpah sehingga baik untuk pencernaan. Selain ity, makanan ini juga rendah kolesterol dan vitamin yang baik untuk tubuh.

 

Papeda sendiri awalnya hanya makanan tradisional yang dinikmati warga di pelosk daerah timur. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, kini makanan ini mulai bisa ditemukan di daerah Indonesia Barat.

Papeda, Makanan Mirip Lem yang Kaya Nutrisi

]]>
https://www.beepdo.com/32474/papeda-makanan-mirip-lem-yang-kaya-nutrisi/feed 0
Masjid Tua Patimburak, Perpaduan Masjid dan Gereja https://www.beepdo.com/29594/masjid-tua-patimburak-perpaduan-masjid-dan-gereja https://www.beepdo.com/29594/masjid-tua-patimburak-perpaduan-masjid-dan-gereja#respond Wed, 23 May 2018 13:00:11 +0000 https://www.beepdo.com/?p=29594

Pada masa penjajahan, masjid ini bahkan pernah diterjang bom tentara Jepang. Hingga kini, kejadian tersebut menyisakan lubang bekas peluru di pilar masjid.

Masjid Tua Patimburak, Perpaduan Masjid dan Gereja

]]>

Beepdo.com, JakartaMasjid berusia 174 tahun itu merupakan masjid tertua di Fakfak dan aset sejarah Islam di tanah Papua. Dibangun oleh Raja Wertuar pertama yang bernama Pamempek Kuda di Kampung Patimburak pada 1870 Masehi dan diberi nama Masjid Al Yasin.

Kata ‘Wertuer’ yang melekat menjadi nama masjid sendiri, menurut bahasa lokal setempat memiliki arti ‘Yang Paling Tua’. Namun, tak ada literatur yang menyebutkan makna pasti dari kata tersebut. Ada pula sumber lain yang mengartikan ‘Wertuer’ sebagai muara air, merujuk pada lokasi masjid yang terletak di dekat muara sungai.

Untuk mencapai masjid tersebut, sebelumnya harus menempuh perjalanan darat dari Fakfak ke Kokas. Tersedia angkutan luar kota dari terminal Kota Fakfak. Selama 2 jam, Anda akan menyusur jalan berkelok dan segarnya udara pegunungan.

Masjid Tua Patumburak (TravelToday)

Tiba di kota kokas, perjalanan menuju Kampung Patimburak harus dilanjutkan menggunakan longboat sewaan. Jika menggunakan longboat, pengunjung yang ingin menuju Masjid Tua Patimburak bisa menikmati keindahan pulau-pulau karang yang masih perawan di sepanjang perjalanan di pesisir pantai dan laut dari Kokas menuju Kampung Patimburak.

Pada masa penjajahan, masjid ini bahkan pernah diterjang bom tentara Jepang. Hingga kini, kejadian tersebut menyisakan lubang bekas peluru di pilar masjid.

Penyebaran Islam di Kokas tak lepas dari pengaruh kekuasaan Sultan Tidore di wilayah Papua. Pada abad XV, Kesultanan Tidore mulai mengenal Islam. Sultan Ciliaci adalah sultan pertama yang memeluk Islam. Sejak itulah, sedikit demi sedikit Islam mulai berkembang di daerah kekuasaan Kesultanan Tidore termasuk Fakfak yang di mulai dari Kampung Patimburak, Distrik Kokas.

Kondisi Masjid Tua Al Yasin saat ini sudah mulai rusak, empat tiang pilarnya kakbah sudah dalam keadaan miring ke belakang, tiang tiang pada dinding bangunan ini pun sudah rusak dan keropos. Namun, keasliannya masih terlihat dengan alami, sebab semua masih asli keciali atap seng yang sudah pernah diganti pada saat rehab tahun 2003.

Bak air tempat wudu pun telah rusak, sekarang mengunakan profil tank untuk menampung air wudu. Sumber air pun kini hanya mengharapakan dari hujan saja.

Aura tradisional muncul saat menyambangi lokasi masjid tua ini. Di kampung yang dihuni tak lebih dari 435 kepala keluarga tersebut didapati kesederhanaan yang menyatu dari bangunan masjid dan kehidupan masyarakatnya.

Masjid Tua Patumburak (Okezone)

Sekilas bangunan masjid seluas tidak lebih dari 100 meter persegi ini tampak biasa. Namun, masjid ini memiliki keunikan pada arsitekturnya, yaitu perpaduan bentuk masjid dan gereja.

Masjid Tua Patimburak, Perpaduan Masjid dan Gereja

]]>
https://www.beepdo.com/29594/masjid-tua-patimburak-perpaduan-masjid-dan-gereja/feed 0
Menikmati Angin Semilir di Bukit Jokowi https://www.beepdo.com/25589/menikmati-angin-semilir-di-bukit-jokowi https://www.beepdo.com/25589/menikmati-angin-semilir-di-bukit-jokowi#respond Wed, 18 Apr 2018 11:30:10 +0000 https://www.beepdo.com/?p=25589

Bukit Jokowi ini awalnya hanya gundukan yang ditumbuhi rumput liar. Tapi kini bersolek menjadi cantik dan ramai dikunjungi warga sekitar.

Menikmati Angin Semilir di Bukit Jokowi

]]>

Beepdo.com, Jakarta – Namanya Bukit Jokowi Skyline, lokasinya di Tanjakan Skyline Kota Jayapura, Papua. Tidak susah untuk sampai ke tempat ini, karena dari arah Kota Abepura hanya sekitar 15 menit, demikian juga dari arah Kota Jayapura sekitar 30 menit.

Bukit ini dinamai Jokowi sebagai penghormatan kepada Presiden RI, Joko Widodo yang pernah mampir ke lokasi itu untuk sekedar menikmati indahnya Teluk Youtefa sambil memantau ruas jalan ring road. Untuk masuk ke Taman Bukit Jokowi ini tidak perlu biaya karcis masuk, pengelola tempat hanya memungut biaya parkir saja, dimana untuk motor dikenakan Rp. 2.000, sedangkan untuk mobil Rp. 5.000, tapi dijamin kendaraan kita aman, karena tukang parkirnya ramah – ramah.

Bukit Jokowi (JulieBercerita)

Dari beberapa tempat serupa, pengelolaan Taman Bukit Jokowi ini terlihat lebih baik, beberapa pondok-pondok berbentuk honai, kursi bersantai dari kayu yang langsung menghadap ke Teluk Youtefa maupun arah Kota Abepura, sampai pagar pengaman di area tepi jurang juga telah di pasang. Bahkan beberapa lokasi yang sering dijadikan lokasi berfoto pengunjung telah dilapisi paving block. Jadi buat yang membawa anak kecil, tidak usah khawatir, karena cukup safety.

Bukit Jokowi (BukitAction)

Keunikan dari Taman Bukit Jokowi ini selain menjual exotica Teluk Youtefa dengan pemandangan permukiman kampung nelayan di Kayu Pulo dan Pulau Metu Debi, di sisi lainnya juga menyajikan gemerlapnya Kota Kotaraja dan Abepura di waktu malam hari. Di lokasi Taman Bukit Jokowi ini juga tersedia beberapa warung – warung yang menyediakan menu andalan es kelapa muda yang di banderol Rp. 20.000 dan Rp. 25.000 kalau mau di tambahi syrup dan susu, selain itu juga ada makanan berupa bakso dan camilan lainnya, semua dengan harga yang terjangkau.

Bukit Jokowi (Bonjour)

Dulunya, bukit ini gersang. Tumbuhan yang ada hanyalah rumput liar dan ilalang. Kini, kamu bisa berselfie di Bukit Jokowi atau sambil menikmati kopi dan angin semilir di sore hari.

Menikmati Angin Semilir di Bukit Jokowi

]]>
https://www.beepdo.com/25589/menikmati-angin-semilir-di-bukit-jokowi/feed 0
Rumah Suku Korowai Yang Bikin Mata Tak Berkedip https://www.beepdo.com/19049/rumah-suku-korowai-yang-bikin-mata-tak-berkedip https://www.beepdo.com/19049/rumah-suku-korowai-yang-bikin-mata-tak-berkedip#respond Thu, 22 Feb 2018 09:30:56 +0000 https://www.beepdo.com/?p=19049

Rumah suku Korowai yang memiliki tinggi hingga 50 meter di atas pepohonan, tak hanya bikin takjub tapi juga bikin mata kamu seolah tak percaya dibuatnya.

Rumah Suku Korowai Yang Bikin Mata Tak Berkedip

]]>

Beepdo.com, Jakarta – Papua memiliki suku-suku asli yang memiliki kehidupan menarik dan unik. Salah satunya adalah suku pedalaman asli papua yang hidup dan tinggal di rumah pohon setinggi hingga 50 meter yang dikenal dengan nama Suku Korowai. Mereka menyebutnya dengan Rumah Tinggi.

Suku Korowai mendiami wilayah Kaibar, Kabupaten Mappi, Papua. Suku Korowai baru ditemukan oleh misionaris Belanda pada tahun 1974. Sebelumnya, mereka benar-benar tidak mengenal orang di luar kelompoknya.

Rumah pohon suku Korowai (Mobgenic)

Tidak seperti suku lain yang membangun rumah Honai sebagai tempat hunian, mereka justru tinggal di rumah pohon. Mereka membangun rumah di atas pohon untuk menghindari binatang buas dan gangguan roh jahat. Suku korowai percaya bahwa, semakin tinggi rumah mereka, semakin jauh dari gangguan roh-roh jahat.

Bahan yang digunakan untuk membuat rumah pohon berasal dari hutan dan rawa di sekitar mereka, seperti kayu, rotan, akar dan ranting pohon. Rumah pohon suku Korowai sangat alamiah. Semua bahan terbuat dari alam, kerangka terbuat dari batang kayu kecil-kecil dan lantainya dilapisi kulit kayu.

Rumah pohon (Mobgenic)

Dinding dan atapnya menggunakan kulit kayu atau anyaman daun sagu. Untuk mengikat, semua menggunakan tali. Semua proses pembuatan rumah dilakukan dengan menggunakan tangan. Barang logam satu-satunya yang ada adalah parang atau kapak yang biasa mereka gunakan untuk berburu.

Suku Korowai keberadaanya sangat terbatas. Bahkan, saat ini populasi mereka hanya sekitar 3 ribu orang.

Suku Korowai (Mobgenic)

Suku Korowai sehari-hari hanya mengenakan pakaian dari dedaunan. Mereka dikenal sebagai pemburu ulung, dan memiliki berbagai bentuk senjata yang disesuaikan dengan buruannya. Untuk membunuh babi hutan, misalnya, mereka memiliki tombak khusus yang berbeda dari tombak untuk menebang sagu, atau bahkan untuk membunuh manusia.

Suku Korowai sejauh ini masih memiliki kebiasaan primitif yaitu memakan daging manusia. Namun ritual ini sudah jauh berkurang sejak mereka mulai mengenal dunia luar. Suku Korowai tidak mengonsumsi daging manusia secara sembarangan.

Korowai jadi tujuan wisata baru (Antara)

Sebab, berdasarkan kepercayaan setempat, suku Korowai hanya membunuh manusia yang dianggap melanggar aturan terhadap kepercayaan mereka. Jadi, bagi Suku Korowai, membunuh dan memakan daging manusia adalah bagian dari sistem peradilan pidana mereka.

Bagi sebagian besar orang, kanibalisme mungkin sesuatu yang tak masuk akal dan mengerikan pada zaman modern seperti sekarang. Faktanya, hal ini masih dijumpai di Korowai, meski dengan alasan-alasan khusus. Hampir semua orang dalam Suku Korowai pernah ikut memakan daging manusia. Jadi, bagi mereka, kanibalisme bukan sesuatu yang tabu. Serem, ya guys.

Bagian dalam rumah pohon suku Korowai (Mobgenic)

Tertarik berkelana di Papua dan berkenalan dengan suku Korowai?

Rumah Suku Korowai Yang Bikin Mata Tak Berkedip

]]>
https://www.beepdo.com/19049/rumah-suku-korowai-yang-bikin-mata-tak-berkedip/feed 0
Festival Puncak Papua Ajak Kamu Ekspedisi di Dua Gunung Cantik Ini https://www.beepdo.com/18896/festival-puncak-papua-ajak-kamu-ekspedisi-di-dua-gunung-cantik-ini https://www.beepdo.com/18896/festival-puncak-papua-ajak-kamu-ekspedisi-di-dua-gunung-cantik-ini#respond Wed, 21 Feb 2018 13:03:31 +0000 https://www.beepdo.com/?p=18896

Untuk lebih mengenalkan Papua ke khalayak, dalam waktu dekat ini akan digelar Festival Puncak Papua dan ikuti ekspedisinya yang menantang adrenalin kamu.

Festival Puncak Papua Ajak Kamu Ekspedisi di Dua Gunung Cantik Ini

]]>

Beepdo.com, Jakarta – Organisasi Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri dan Indonesia Mengajar (IM) berencana menggelar Festival Puncak Papua (FPP). Kegiatan tersebut akan diadakan pada medio April-Mei 2018.

Sejatinya, festival yang diadakan di wilayah Kabupaten Bintang, Papua ini akan dimulai dengan pagelaran seni dan budaya, hingga ekspedisi pendakian Puncak Mandala (4.760 mdpl) dan Puncak Yamin (4.500 mdpl). Selain itu, Festival Puncak Papua hadir untuk meningkatan mutu pendidikan, kesehatan, hingga menginisiasi kegiatan penjelajahan di generasi muda Indonesia. Di samping itu akan dilakukan pelatihan seputar budidaya apotek hidup, manajemen keuangan desa hingga pendokumentasian dari seluruh kegiatan.

Kabupaten Bintang, Papua (Agapedotcom)

Terkait dengan 2 kegiatan ekspedisi pendakian besar dalam rangkaian FPP dimaksudkan guna membuka ruang informasi yang seluas-luasnya terkait potensi kewilayahan di Kabupaten Pegunungan Bintang. Sebab, hingga kini belum terdapat informasi yang detail perihal Puncak Yamin lantaran gunung ini belum pernah didaki.

Gunung Yamin (SantaiArea)

Ekspedi Puncak Yamin akan menjadi ekspedisi perintisan jalur pertama menuju Puncak Yamin dan menghabiskan waktu 16 hari untuk 1 gunung ini sendiri. Selain itu, ekspedisi ini juga membawa semangat nasionalis untuk mengukuhkan nama Puncak Yamin yang diambil dari nama Pahlawan M. Yamin, yang mana di luar Indonesia kebanyakan orang mengenal puncak ini dengan nama Prins Henrik Top.

Puncak Mandala Papua (Alchetron)

Tertarik mengikuti tantangan Festival Puncak Papua ini? Yuk segera daftar, karena akan ada banyak lomba juga, lho guys.

Festival Puncak Papua Ajak Kamu Ekspedisi di Dua Gunung Cantik Ini

]]>
https://www.beepdo.com/18896/festival-puncak-papua-ajak-kamu-ekspedisi-di-dua-gunung-cantik-ini/feed 0