8 Makanan Kadaluarsa Ini Masih Bisa Dikonsumsi

0

Beepdo.com, Jakarta – Banyak orang, karena takut sakit, langsung membuang kemasan makanan kadaluarsa. Padahal, tanpa kita sadari, ternyata banyak makanan kadaluarsa yang masih bisa dikonsumsi.

Meski begitu, lebih amannya sebaiknya dianjurkan tidak dikonsumsi. Sebab, menurut para ahli bahan makanan tersebut masih bisa dikonsumsi dengan batasan makanan kadaluarsa lebih disebabkan karena sensory quality yang sudah tidak bagus. Sehingga ini tidak berbahaya dimakan menurut syarat keamanan pangan.

Yuk kita intip, apa saja makanan kadaluarsa yang masih bisa kita nikmati itu:

1. Mentega

Mentega (Kumparan)

Mentega adalah produk olahan lanjut dari susu sehingga berbeda dengan susu murni, mentega tidak mudah basi. Selama belum membuka bungkus atau kemasannya, mentega masih aman untuk dikonsumsi meskipun sudah lewat masa kadaluarsanya. Namun bau dari mentega itu sendiri tetap perlu diperhatikan sebelum digunakan. Lewat atau belum tanggal kadaluarsanya, kalau sudah berbau agak tengik lebih baik tidak digunakan.

2. Sereal

Sereal (OKZone)

Sereal kemasan masih aman untuk dikonsumsi hingga 1 bulan setelah tanggal kadaluarsa selama kemasan tertutup rapat dan disimpan di dalam tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung.

3. Minuman soda

Minuman bersoda (RD)

Minuman bersoda dalam kemasan masih bisa dikonsumsi hingga satu bulan setelah tanggal kadaluarsa. Namun sebelumnya perlu diperhatikan wadah, botol atau kaleng yang menampung minuman tersebut tidak terbuka atau rusak.

4. Keripik

Keripik singkong (RumahMesin)

Keripik atau makanan ringan lain pada umumnya tersedia dalam kondisi kering sehingga hal tersebut mencegah cepatnya pertumbuhan bakteri. Dengan begitu, keripik atau makanan ringan bisa dibilang aman untuk dikonsumsi 3 minggu hingga 1 bulan setelah tanggal kadaluarsa.

5. Cokelat

Cokelat (HelloSehat)

Jika disimpan dengan baik di lemari pendingin, cokelat akan bertahan lebih lama dari tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan. Berlaku hal yang sama dengan makanan yang kaya gula seperti cokelat. Terlebih lagi pada madu murni yang memang tidak memiliki kadaluarsa sama sekali.

6. Daging Ayam beku

Daging ayam beku (Tokopedia

Daging beku, khususnya daging ayam, umumnya masih aman untuk diolah meskipun telah lewat masa kadaluarsa (maksimal sekitar 1 bulan setelahnya) selama bentuk bekunya belum berubah karena disimpan dengan baik di lemari pendingin. Namun kembali lagi, tetap diperlukan pengecekan ulang tertutama dari bau yang dihasilkan sebelum mengolahnya. Berani coba bahan makanan kadaluarsa yang satu ini?

7. Yogurt

Yogurt (HealthMagazine)

Meskipun mengandung susu, Yogurt tetap bisa bertahan lebih lama dari tanggal kadaluarsa yang tercantum selama disimpan dalam lemari pendingin dan kemasan tertutup rapat.

8. Telur

Telur (ResepMasak)

Telur memang rentan dengan keraguan akan kelayakannya usai masa berlaku yang tertera. Namun sebenarnya telur masih tetap aman untuk diolah setelah tanggal best-before yang tertera. Dengan catatan, pengolahan telur harus benar-benar matang atau menjadi campuran bahan dalam proses pembuatan jenis makanan lain yang nantinya membutuhkan pemanasan yang tinggi. Dengan begitu, bakteri dalam telur pun bisa dipastikan telah terbunuh sehingga aman untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa jenis makanan kadaluarsa yang masih bisa dikonsumsi ya gaes. Dan dalam upaya mengurangi limbah makanan, penting bagi konsumen untuk memahami bahwa tanggal yang digunakan untuk makanan adalah untuk kualitas dan bukan untuk keamanan. Produk makanan aman dikonsumsi sejak tanggal label, dan terlepas dari tanggalnya, konsumen harus mengevaluasi kualitas produk makanan sebelum dikonsumsi.