Gudeg Manggar, Menu Peninggalan Ratusan Abad Silam

0

Beepdo.com, JakartaGudeg manggar mungkin kamu akan merasa asing nama kuliner yang satu ini. Gudeg manggar adalah gudeg yang berbahan baku dasar dari mayang (bunga kelapa) yang masih muda. Bagi yang baru mengetahuinya, mungkin akan berpikir gudeg manggar ini adalah varian baru dari gudeg. Sebenarnya sejarah gudeng manggar sudah sama tuanya dengan gudeg berbahan baku gori (nangka muda).

Gudeg manggar telah ada sejak 500 tahun lalu. Sejarah Gudeg Manggar bermula dari racikan Puteri Pembayun yang merupakan istri dari Ki Ageng Mangir, pemimpin perdikan Mangir. Puteri Pembayun merupakan putri Panembahan Senopati, pendiri sekaligus sultan Mataram Islam pertama yang sekarang bernama daerah ini menjadi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Puteri Pembayun dinikahkan ayahandanya sebagai strategi ‘penaklukan’ Perdikan Mangir yang saat itu selalu berseberangan dengan Kesultanan Mataram Islam yang baru berdiri.

Gudeg Mbah Lindu (BeritaJogja)

Melihat di daerah Mangir pohon kelapa banyak tumbuh dan sebagai lahan penghidupan utama, Puteri Pembayun memiliki ide untuk menciptakan gudeg manggar. Mulanya gudeg manggar hanya bisa ditemui di daerah Mangir saja. Gudeg manggar juga mulanya disajikan hanya dalam acara-acara tertentu seperti perayaan hari raya agama, pesta keluarga dan acara khusus lainnya.

Seiring berjalannya waktu, gudeg manggar kemudian menyebar ke seluruh daerah Bantul dan menjadi suguhan sehari-hari masyarakat Bantul. Terlebih saat musim paceklik di zaman penjajahan, gudeg manggar menjadi makanan penyelamat masyarakat Bantul. Meski begitu, sejalan dengan makin membaiknya kondisi dan makin sedikitnya bunga kelapa yang tersedia, gudeg manggar ditinggalkan oleh masyarakat. Ada masa ketika gudeg manggar hampir punah.

Gudeg manggar (DiasporaIqbal)

Jika menilik berbagai versi cerita tentang asal usul gudeg, kebenaran kembali kepada masing-masing orang. Sampai saat ini, belum ada sumber-sumber sejarah yang dapat memberikan kepastian tentang asal usul kuliner yang satu ini. Namun kenikmatannya selalu berhasil menepikan rasa keingintahuan tentang sejarahnya dan kuliner gudeg merupakan bagian dari sejarah panjang perkembangan budaya di Indonesia, khususnya Yogyakarta.

manggar (Traveler)

Bondan Winarno, pakar kuliner Indonesia ini yang terkenal dengan sabda kuliner “Mak Nyuss dan Top Markotop” sangat menggemari gudeg manggar. Gudeg manggar ini ditahbiskan masuk dalam buku daftar “100 Makanan Tradisional Indonesia Maknyus ala Pak Bondan sebagai kuliner yang mewakili Yogyakarta.

Memasak gudeg manggar (PusatOleh-olehJogja)

Berikut adalah Resep Cara Membuat Gudeg Manggar Yogyakarta

Bahan:

1 kg manggar ( bunga kelapa muda)

1 butir kelapa

Bumbu:

100 gram bawang merah

50 gram bawang putih

30 gram kemiri

2 sdm ketumbar

2 lembar daun salam

2 ruas jari lengkuas (laos) > di memaerkan

¼ kg gula merah> atua sesuai selera

1 bungkus tempe semangit ( tempe yang menuju busuk)

Garam secukupnya.

Gudeg manggar yang langka dan istimewa (DisaporaIqbal)

Cara Memasak:

– Kelapa di parut , dan di rebus menjadi santan kental .
Semua bumbu-bumbu daun slam dan lengkuas di ulek sampai halus.
Bumbu halus di tumis dengan sedikit minyak , kemudian masukan santan kental , daun salam dan lengkuas yang sudah di memarkan.
Setelah mendidih, masukan manggar.

-Teruskan memasak dengan arang kayu bakar selama kurang lebih empat jam. Pertahankan api kecil, agar memasak tidak hangus.
Gudeg di sajkan dengan santan kental dan lauk pauk lain. Seperti: opor ayan, sambel goreng krecek, ( kerupuk kulit ) dan lain-lain.

Menyantap gudeg manggar (TravelingYuk)

Gudeg Manggar Yogyakarta siap disajikan.

Anda mungkin juga berminat