Selain Ayam Tangkap, Ini Makanan Khas Aceh Yang Bisa Kamu Cicipi Saat ke Aceh

0

Beepdo.com, Jakarta – Selama ini, kita hanya sering mendengar Mie Aceh atau Ayam Tangkap saja makanan khas Aceh. Padahal, Tanah Rencong ini memiliki ribuan resep yang pantang untuk tidak mencicipinya setiap berkunjung ke sini.

Penasaran apa saja kuliner khas aceh yang memanjakan lidah? Berikut adalah top list makanan khas aceh yang menarik untuk disimak.

1. Ungkot Kemamah

Ungkot Kemamah (InfoKuliner)

Ungkot Kemamah merupakan makanan khas suku aceh yang terbuat dari ikan tuna rebus kemudian dikeringkan dan diiris kecil-kecil. Ungkot kemamah biasa dimasak dengan dicampur santan, kentang, cabai hijau, serta bumbu rempah lainnya. Masakan yang satu ini terkenal sejak perang aceh melawan Belanda karena proses pembuatannya yang mudah.

2. Timphan

Timphan (Dailywuz)

Selanjutnya, mari kita simak resep makanan khas aceh yang bernama kue Timphan. Cara membuat kue Timphan sebenarnya sangat bervariasi, salah satu caranya adalah dengan mencampur ketan atau kelapa muda, srikaya, pisang baranang, dan tepung ketan menjadi suatu adonan. Setelah itu dibentuk dan dibungkus menggunakan daun pisang mudah sebelum dikukus. Jangan lupa tambahkan isian berupa ketan atau srikaya sebelum dikukus ya agar rasanya tambah enak.

3. Kue Bhoi

Kue Bhoi (Wikipedia)

Makanan khas Aceh besar ini telah dikenal di seantero aceh. Bentuk dari kue Bhoi bermacam-macam, ada yang berbentuk ikan, bintang, bahkan bunga. Harga dari kue Bhoi ini cukup murah, yaitu Rp5000 sampai Rp10.000 per kemasan. Meskipun ada juga yang menjual kue Bhoi hingga ratusan ribu. Kue Bhoi biasa dijadikan bingkisan dalam seserahan yang dibawa oleh calon pengantin pria pada upacara pernikahan. Jika kamu ingin menikmati kue ini, datang saja ke pasar-pasar tradisional.

4. Bohromrom

Bohromrom (Okezone)

Kue ini dikenal juga dengan nama Boh Duek Beudeh. Cocok dijadikan oleh-oleh makanan khas Aceh. Kue yang terbuat dari tepung ketan dibalut parutan kelapa ini terbilang mudah dalam proses pembuatannya. Sekilas tampilannya mirip dengan kue klepon yang ada di Jawa hanya saja kue ini tidak berwarna hijau, melainkan agak kecoklatan. Rasakan sensasi gula jawa yang meleleh di mulut ketika kamu menggigit kue Bohromrom ini.

5. Meuseukat

Meuseukat (ThePicta)

Makanan khas Aceh Darussalam yang satu ini merupakan salah satu kue tradisional Aceh. Dapat juga disamakan dengan dodol khas Aceh. Meuseukat berbahan dasar tepung terigu dan buah nanas. Saat ini Meuseukat sangat jarang ditemukan, bahkan jika kamu ingin mencicipinya, kamu harus memesan terlebih dahulu. Meuseukat cocok juga dijadikan oleh-oleh setelah kamu berkunjung ke aceh.

Itulah 5 makanan khas Aceh yang bisa kamu icip-icip saat berkunjung ke Tanah Rencong. Atau bisa juga buat oleh-oleh keluarga yang di rumah. Selamat mencicipi!

Anda mungkin juga berminat