6 Wisata Sumatera Barat, Nomor 5 Rekommended

0

Beepdo.com, Jakarta – Daerah Sumatera Barat memang tidak bisa dianggap remeh soal tempat wisatanya. Banyak tempat wisata yang indah disana. Jika kamu datang mengunjungi Sumatera Barat, jangan lupa untuk memasukkan beberapa daftar tempat wisata ini di list tempat yang akan kamu kunjungi.

Salah satu destinasi andalan di provinsi ini adalah Kepualauan Mentawai. Di mana, kamu dapat menikmati berbagai kegiatan, salh satunya surfing di 400 titik surfing. Kamu bisa mengunjungi pantai Gandoriah. Karena di pantai ini upacara adat yang sudah sangat masyhur, yaitu Tabuik. Langsung saja kita intip ke-6 tempat wisata di Sumatera Barat.

1. Janjang Seribu

Janjang Seribu (PegiPegi)

Janjang Seribu ini adalah tembok besar Chinanya Sumatera Barat. Biasanya mereka yang berjalan-jalan ke Sumatera Barat akan singgah ke tempat wisata Great Wall ini. Jika datang kesini, jangan lupa pastikan bahwa staminamu dalam keadaan yang baik. Janjang Seribu ini mempunyai panjang sekitar 1 KM. Tempat wisata ini berdekatan dengan goa Jepang. Panorama disini juga sangat mengagumkan, fenomena alam berupa pengangkatan lempeng, patahan-patahan yang menjulang membentuk bukit ini merupakan fenomena geologi yang begitu luar biasa.

2. Goa Jepang

Goa Jepang Padang (AllAboutIndonesia)

Lokasi Goa atau Lubang Jepang ini bersebelahan dengan janjang seribu. Lobang Jepang ini adalah bangunan peninggalan saat penjajahan Jepang di Bukit Tinggi. Ini adalah penjara sekaligus markas pertahanan penjajah Jepang yang didirikan pada tahun 1942-1945. Ketika Jepang menjajah bangsa Indonesia, pembangunan Lubang Jepang dilakukan lewat cara Romusa atau kerja paksa. Lubang Jepang memliki luas sekitar 2 hektar, didalamnya kamu akan dituntun dengan menuruni tangga yang sudah dibangun. Lorong – lorong yang ada didalamnya memberikan tempat – tempat sesuai dengan keperluan masing – masing.

3. Jam Gadang

Jam Gadang (Padang)

Jam yang mempunyai nilai histori tinggi ini telah ada sejak jaman penjajahan Belanda dulu. Jam Gadang sendiri mempunyai luas 13 x 4 meter serta tinggi 26 meter yang terdiri atas beberapa tingkat. Bagian paling atas dari jam gadang adalah tempat penyimpanan bandul jam yang pada tahun 2007 silam pernah patah karena gempa besar yang melanda Sumatera Barat termasuk juga Bukit tinggi. Uniknya, dari jam ini yaitu angkanya. Apabila angka empat romawi umumnya ditulis dengan simbol IV, tapipada jam gadang angka IV ditulis dengan IIII, dan ini bukan hal yang lazim. Di sekitar jam Gadang, kamu dapat menemukan Pasar Bukit Tinggi yang begitu terkenal dengan harga barangnya yang murah meriah, apalagi bila kamupandai menawar serta membelinya dalam jumlah banyak.

4. Pantai Padang

Pantai Padang (Padang)

Untuk menjangkau Pantai Padang cukup mudah, kamu pergi ke pusat Kota. Orang Padang menyebut Pantai Padang dengan sebutan TAPLAU (TAPI LAUIK). Panorama disini begitu indah sekali. Ombaknya juga cukup menantang bila kamu hobi berselancar. Beragam cemilan dapat dinikmati disini, seperti jagung bakar, masakan laut, udang kepiting, bermacam minuman dan lain sebagainya.

5. Kepulauan Mentawai

Kepulauan Mentawai (ClaraMagazine)

Destinasi wisata di Sumatera Barat yang telah Go Internasional yaitu kepulauan mentawai. Ada banyak resort disini. Kabupaten Mentawai mempunyai pesona yang begitu mengagumkan. Pantainya menjadi salah satu surga untuk para pecinta selancar. Kepulauan Mentawai ini mencakup 4 pulau besar yaitu Pulau Sipora, Pulau Siberut, Pulau Pagai Utara, serta Pulau Pagai Selatan. Siberut merupakan pulau paling besar, dan satu-satunya Pulau yang mempunyai layanan pelayaran reguler yang menghubungkan Siberut dengan Pulau Sumatera terutama Padang. Sebagai suatu pulau terbesar, pusat kota serta administrasi mentawai juga terdapat di Pulau ini, tepatnya di kota Tuapejat yang letaknya ada di Sebelah Utara. Tercatat kurang lebih ada 400 titik surfing di kepulauan Mentawai, mulai dari ombak yang sedang hingga ombak yang paling menantang yang di cari peselancar dunia. Desa bosua merupakan salah satu diantara tujuan para peselancar yang populer di dunia dengan ombak yang mencapai 3 meter. Namun hati-hati dengan pantainya yang agak berkarang.

Mentawai juga menawarkan objek wisata trekking ke hutan pedalaman tropis yang masih sangat asri dan alami dengan beragam satwanya yang hidup di dalamnya. Sementara penduduk setempat yang dikenal dengan masyarakat Mentawai masih tradisional serta memegang teguh tradisi mereka. Desa-desa budaya yang masihlah menjaga adat serta budayanya yang asli antara lain Desa Madobak, Desa Ugai, serta Desa Matotonan.

Untuk menuju Kepulauan mentawai dapat diakses dengan memakai kapal motor yang melayani penyebrangan dari Padang ke Mentawai. Atau bila mempunyai biaya lebih bisa dengan menyewa pesawat kecil yaitu Tiger Air atau SMAC ke Tuapejat di Pulau Sipora dari Bandara Internasional Minangkabau.

6. Pantai Gandoriah

Puncak dari ritual tabuik adalah saat masyarakat mengarak tabuik ke pantai Gandoriah. (IndonesiaKaya)

Pantai Gondoriah adalah salah satu pantai yang populer dengan tradisi tabuiknya yang dilakukan setiap bulan Muharram. Pantai Gondoriah initerdapat di Pariaman. Kamudapat menuju pantai ini dengan memakai kereta api dari Kota Padang, dengan harga tiket 3500 saja. Daya tarik lain dari Pantai Gandoriah ini yaitu kamu dapat leluasa menikmati garis pantainya, baik dengan memakai kendaraan roda dua, roda empat, maupun berjalan kaki. Hal itu didukung lengkapnya fasilitas di sekitaran Pantai Gandoriah, termasuk sarana jalan yang menghubungkan antara Pantai Gandoriah dengan beberapa objek wisata pantai yang ada di sekelilingnya, seperti Pantai Cermin, Pantai Kata dan yang lain. Tak kalah indahnya saat matahari terbenam serta temaram senja menjemput malam, seolah menyulap panorama di sekitaran Pantai Gandoriah makin menawan.

Itulah 6 destinasi wisata di Sumatera Barat. Selamat bersenang-senang ya di sana.

Anda mungkin juga berminat